7 Sep

Imunisasi adalah cara sederhana dan efektif untuk melindungi anak dari penyakit serius. Imunisasi bekerja dengan memicu sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit tertentu. Jika anak yang diimunisasi terkena penyakit, sistem kekebalan mereka mampu merespons lebih efektif, mencegah penyakit berkembang, atau sangat mengurangi keparahannya.

 

Karena itulah, imunisasi tidak hanya akan membantu melindungi si kecil berbagai penyakit namun juga mengoptimalkan tumbuh kembangnya, termasuk membuat anak bebas stunting. 

 

Baca Juga: Anak Terlambat Imunisasi Dasar, Harus Bagaimana, Dong?

 

Masalahnya, tidak jarang kita kelupaan jadwal imunisasi anak. Padahal ini sebaiknya dihindari karena setiap imunisasi telah melalui penelitian yang cermat, termasuk kapan waktu terbaik diberikan pada anak dan berapa banyak dosisnya demi memberikan perlindungan optimal.  Oleh karena itu, disarankan untuk memberikan imunisasi sesuai jadwal agar mendapatkan hasil yang lebih optimal. 

 

Baca Juga: Bolehkah Anak Hanya Diimunisasi yang Diwajibkan Pemerintah?

 

Nah, supaya tak lagi kelupaan jadwal imunisasi, Genbest bisa ikuti tips berikut ini:

 

1. Ingatlah membawa kartu catatan imunisasi 

Ketika jadwal imunisasi anak tiba, pastikan untuk membawa buku/catatan imunisasinya. Pastikan juga dokter/bidan memberi catatan tertulis tentang imunisasi tersebut, termasuk nama vaksin (misalnya, "MMR"), tanggal pemberian, dan jangan lupa tanyakan tanggal imunisasi si Kecil berikutnya. 

 

2. Pasang pengingat

Begitu kembali ke rumah pastikan untuk menulis jadwal imunisasi si kecil berikutnya dengan cara yang menurut Genbest paling mudah. Contoh, bisa dengan melingkarkan tanggal di kalender atau bisa juga memasang alarm notifikasi di handphone sehari sebelum jadwal imunisasi tiba. 

 

Baca Juga: Jadwal Imunisasi Anak Umur 0-18 Bulan

 

3. Gunakan aplikasi “Anak Sehat”

Cara lain paling efektif untuk mengingat jadwal imunisasi si kecil adalah dengan mengunduh aplikasi “Anak Sehat”. Salah satu fitur unggulan aplikasi Anak Sehat adalah pengingat jadwal imunisasi. Sesuai dengan namanya, “Anak Sehat” adalah aplikasi yang akan membantu kita memantau tumbuh kembang buah hati dalam upaya terhindar dari bahaya stunting sejak dini. Aplikasi ini diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.Aplikasi “Anak Sehat” berisi berbagai fitur untuk cek kehamilan dan memantau tumbuh kembang  anak sejak lahir hingga usia dua tahun. Tampilannya user friendly karena fitur-fitur “Anak Sehat” dapat diakses dengan mudah dan informasinya jelas serta rapi.

 

Itulah beberapa tips agar Genbest tidak lupa dan terlambat membawa anak imunisasi. Semoga membantu!

 

Baca Juga: Pantau Tumbuh Kembang Anak Lebih Mudah Lewat Aplikasi Anak Sehat

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top