14 Sep

“Makan nggak pake nasi, rasanya nggak nendang!”  Ungkapan khas orang Indonesia, sepertinya berlaku juga untuk si kecil ketika memasuki masa MPASI. Apakah Genbest salah satunya? 

 

Nasi memang bisa menjadi olahan MPASI yang populer karena mudah disiapkan, bisa diolah dalam berbagai tekstur, dan bisa dikombinasikan dengan berbagai sayuran dan sumber protein untuk menciptakan MPASI yang lebih bergizi.

 

Nasi juga merupakan sumber karbohidrat yang dapat menyediakan energi yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh dan berkembang,

 

Baca Juga: Membatasi Asupan Karbohidrat pada Anak Bisa Sebabkan Stunting?

 

Usia Ideal Memberikan Nasi untuk MPASI Bayi

Lantas, berapa usia yang tepat untuk memberikan MPASI nasi pada bayi? Sebenarnya tidak ada patokan usia pasti kapan anak bisa mengonsumsi MPASI nasi. Menurut dr. Nabila Viera Yovita, yang dikutip dari KlikDokter, nasi bisa dijadikan sebagai menu MPASI sekalipun bayi masih berusia di bawah satu tahun. 

 

Hal yang perlu diperhatikan adalah tekstur nasi yang akan diberikan pada bayi. Pada usia 6-7 bulan, MPASI bayi harus bertekstur lembut, karena itu olahlah nasi menjadi bubur saring. Seiring bertambahnya usia, Genbest boleh meningkatkan tekstur MPASI si kecil. 

 

Baca Juga: Pengenalan MPASI Terlalu Cepat Bisa Picu Risiko Stunting?

 

Bagaimana Jika Bayi Menolak Nasi?

Saat mulai mengenalkan MPASI nasi, tidak jarang si kecil menolak nasi dengan melepeh, memalingkan muka, atau bahkan menangis. Ini sebenarnya hal wajar karena si kecil masih asing dengan makanan yang baginya baru itu. 

 

Tak perlu memaksa, Genbest bisa mencari alternatif menu lain, kemudian kamu bisa mengenalkan MPASI nasi ini beberapa hari kemudian untuk melihat kembali reaksinya.

 

Tidak kalah penting, selalu olah nasi dengan beberapa beberapa bahan makanan yang sehat, seperti daging, telur, dan sayuran sehingga Genbest bisa menyajikan MPASI yang selalu bervariasi dan bergizi seimbang. Dengan MPASI yang sehat, tumbuh kembang anak menjadi lebih optimal dan jauh dari risiko stunting!

 

Baca Juga: Mudah Diterapkan, Ini Cara Menyusun Jadwal Makan Anak 2 Tahun

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top