Cegah Stunting dengan "Isi Piringku"

Sed ut perspiciatis unde
21 Agustus

Cegah Stunting dengan "Isi Piringku"

Jika kelebihan gizi akan menjadi masalah, sementara kekurangan gizi pun menjadi masalah. Seperti apa konsep gizi seimbang secara sederhana yang bisa dipahami oleh masyarakat awam?

 

Konsep gizi seimbang meliputi makanan yang dikonsumsi memenuhi unsur-unsur zat gizi yang lengkap (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, air dan serat) dalam jumlah cukup tidak berlebihan dan tidak kekurangan, dan sesuai untuk kebutuhan tubuh.

 

Praktik gizi seimbang dalam keluarga

– Frekuensi makan 3 kali sehari

– Makanan yang disajikan memenuhi kelengkapan zat gizi dalam jumlah cukup dan sesuai dengan kebutuhan keluarga

– Makanan yang disajikan bervariasi

– Tidak jajan di luar setiap hari

– Olahraga cukup

 

Salah satu praktik penyajian gizi berimbang adalah dengan konsep “Isi Piringku” yang memenuhi kaidah gizi seimbang. Berikut penyajian “Isi Piringku”:

 

– Setengah dari piring makan berupa sayur dan buah beraneka jenis dan warna

– Seperempat berupa protein baik hewani (telur/ayam/ikan/daging) maupun nabati (kacang-kacangan), batasi konsumsi produk olahan

– Seperempat berupa karbohidrat kompleks (biji-bijian/beras), artinya membatasi karbohidrat simpleks (gula, tepung-tepungan dan produk turunan dari tepung)

– Konsumsi minyak secukupnya, sebisa mungkin bukan berasal dari gorengan

– Minum air putih sesuai kebutuhan. Teh/kopi diperbolehkan, asal tidak ditambahkan gula. Hindari minuman kemasan dengan kadar gula yang tinggi.

 

Dalam praktik gizi seimbang untuk anak-anak bisa dimulai dengan mengonsumsi beraneka ragam makanan, kenalkan semua jenis makanan.

 

Kurangi makanan yang manis/berasal dari tepung-tepungan dan turunannya, dan makanan yang terlalu asin/gurih. Biasakan untuk makan sayur dan buah beraneka ragam. Untuk menunjang pertumbuhan perhatikan asupan kalsium dan vitamin D. Jangan lupa aktivitas fisik yang cukup.

 

Sementara bagi GenBest yang aktif dan produktif, konsumsi beraneka ragam makanan. Kurangi makanan cepat saji dan makanan olahan. Cukup minum air putih atau teh kopi tanpa gula.

 

Perhatikan juga asupan kalsium dan vitamin D. Makan sayur dan buah beraneka ragam dalam jumlah yang cukup. Jangan lupa olahraga dan istirahat cukup serta hindari stres. (Foto: Deborah Breen Whiting dari Pixabay )

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top