Cocok untuk Diet, Ini Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Tubuh

Sed ut perspiciatis unde
18 Jul

Cocok untuk Diet, Ini Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Tubuh

“Kok buah isinya biji doang, sih? Mana dagingnya?” Hayo, siapa yang berpikiran seperti itu saat pertama kali membelah buah delima? Jangan salah, justru nutrisi dan manfaat buah delima terletak pada bijinya, GenBest.

 

Karena daging buah delima itu berbeda dengan jenis buah lainnya. Bagian dalam buah delima berbentuk seperti butiran jagung (atau dikenal dengan nama aril) terlihat seperti biji buah. Nah, biji-biji tersebut memiliki kandungan yang manfaatnya tidak main-main. Setiap 174 gram aril delima mengandung; 7 gram serat, 3 gram protein, vitamin K sebesar 36%, folat sebesar 16%, dan potassium sebesar 12%.

 

Kandungan yang menarik lainnya, dalam satu buah delima yang GenBest konsumsi ialah 40% kebutuhan vitamin C harian. Buah delima juga memiliki kadar antioksidan cukup tinggi. Bahkan, kandungan antioksidan buah delima digadang-gadang tiga kali lebih tinggi dibanding anggur merah, lho! 

 

Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

Banyaknya kandungan gizi di dalamnya membuat buah delima termasuk golongan superfood. Bahkan, buah yang dikenal sebagai buah pomegranate ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, khususnya remaja putri dan ibu hamil. Apa saja? Yuk, cek manfaat buah delima untuk kesehatan di bawah ini:

 

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Dalam menyambut new normal, menjaga kekebalan tubuh tetap harus menjadi prioritas utama. Selain mengonsumsi makanan bergizi, GenBest juga bisa jadikan buah delima sebagai camilan sehari-hari. Mengonsumsi satu buah delima setiap hari memenuhi kebutuhan harian vitamin C hingga 40%. Pilihlah buah delima segar dan tanpa proses pasteurisasi agar vitamin C-nya tidak pecah, ya, GenBest.

 

2. Mencegah anemia

Mengonsumsi buah delima juga bisa membantu mencegah anemia, GenBest. Setiap 100 gram buah delima mengandung setidaknya 0,3 mg zat besi yang baik untuk mencegah anemia. 

 

Baca Juga: Jangan Sepelekan Anemia pada Ibu Hamil, Ya!

 

3. Menurunkan risiko cacat lahir

Kalau GenBest terkena anemia, tentunya akan berdampak juga pada risiko bayi lahir cacat. Untuk menghindari hal tersebut, GenBest bisa rutin mengonsumsi buah delima. Adanya nutrisi asam folat pada buah delima juga bisa membantu mencegah terjadinya cacat tabung saraf. 

 

4. Melancarkan pencernaan

Bagi ibu hamil atau remaja putri, masalah pencernaan memang sering mengganggu. Mulai dari yang awalnya hanya terasa mulas hingga merembet ke susah BAB dan menghambat aktivitas. Terlebih lebih saat masa kehamilan masalah sembelit itu sangat rentan. Untuk mengatasi hal tersebut, GenBest bisa mengonsumsi buah delima karena mengandung tinggi serat. 

 

5. Cocok untuk diet

Diet dengan cara yang salah bisa sebabkan anemia dan mengakibatkan stunting. Makanya, GenBest harus mengonsumsi makanan sehat dan seimbang, termasuk saat ngemil. Setiap 180 gram buah delima mengandung 7 gram serat yang akan membuat kita kenyang lebih lama. Kalau sudah bosan menyajikannya jus, GenBest bisa mencampurkan biji delima pada oatmeal atau yogurt, kok. Dijamin tak kalah lezat.

 

Baca Juga: Mau Langsing, Eh Malah Kena Anemia

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top