17 Jun

Hari H pernikahan adalah hari paling penting dan ditunggu-tunggu dalam hidup. Namun banyaknya tugas yang harus diurus dan detail yang harus diatur, menjadikan merencanakan hari pernikahan bisa terasa membingungkan dan mencemaskan. Untuk itulah, daftar persiapan pernikahan dibutuhkan.  

 

Daftar persiapan pernikahan akan membantu Genbest dan calon pasangan memerinci detail apa yang dibutuhkan, tidak hanya pada saat hari H pernikahan, namun juga jauh sebelumnya.

  

Nah, berikut ini adalah daftar persiapan pernikahan yang tak boleh terlupakan para calon pengantin:

 

1.Memenuhi syarat menikah

 

Salah satu syarat menikah adalah usia. Badan Kependudukan Berencana Nasional (BKKB) telah mencanangkan usia ideal menikah untuk perempuan minimal 21 tahun, dan 25 tahun untuk laki-laki. Pernikahan dini di bawah usia 20 tahun memiliki berbagai risiko, salah satunya risiko kesehatan. Calon ibu yang hamil di usia muda lebih tinggi untuk memiliki bayi lahir prematur dan bayi lahir dengan berat badan lahir rendah sehingga berisiko stunting. 

 

Baca Juga: Bahaya Pernikahan Dini Sebagai Penyebab Stunting

 

2.Tentukan anggaran pesta pernikahan

 

Segera setelah menentukan tanggal hari H pernikahan, buatlah anggaran untuk pesta pernikahan. Ini daftar persiapan pernikahan yang penting karena anggaran pernikahan akan memengaruhi banyak keputusan terkait pesta yang akan diselenggarakan. Lihat kondisi keuangan Genbest dan pasangan dengan cermat. Setelah mendapatkan angka anggaran itu, patuhi itu! 

 

3.Tentukan tamu udangan 

 

Siapa yang harus diundang dan siapa yang tidak terkadang bisa membingungkan. Untuk itu, coba Genbest kelompokkan daftar undangan ke dalam kategori, seperti kerabat dekat, rekan kantor, tetangga, atau kenalan bersama, dan lainnya. Pikirkan perkiraan jumlah tamu yang Genbest inginkan di pernikahan sebelum mulai dengan daftar. 

 

4. Pilih Tempat

 

Daftar persiapan pernikahan berikutnya adalah di mana tempat pesta pernikahan itu akan berlansung. Pemilihan lokasi akan memengaruhi hampir semua hal lainnya, dari berapa banyak orang yang bisa Genbest undang, konsep pernikahan, catering, dan sebagainya. Buatlah beberapa opsi, dan kunjungi venue sebelum memutuskannya. 

 

5.Sewa wedding organizer 

 

Bila memang ada anggarannya menyewa wedding organizer atau perencana pernikahan akan banyak membantu dan bisa mengurangi kecemasan calon pengantin Wedding organizer akan memandu Genbest dalam semua keputusan, mulai dari memilih tempat hingga melacak anggaran dan menangani semua keperluan saat pesta nanti. 

 

6. Mengurus Sertifikat Layak Kawin

 

Daftar persiapan pernikahan selanjutnya adalah mengurus Sertifikat Layak Kawin. Sertifikat ini bisa diurus 1-3 bulan sebelum hari H pernikahan di Puskesmas. 

 

7. Cek kadar HB

 

Genbest sebagai calon ibu dianjurkan untuk mengecek kadar HB atau hemoglobin. Jadi masukkan ini ke daftar persiapan pernikahan. Kadar HB yang sehat adalah 12-16g/DL. Bila HB di bawah itu, Genbest kemungkinan menderita anemia. Saat kehamilan, anemia dikhawatirkan dapat membuat ibu berisiko melahirkan prematur atau bayi lahir BBLR sehingga meningkatkan risiko stunting. Namun jangan khawatir, Genbest bisa segera berkonsultasilah pada dokter untuk mengatasi ini.

 

Baca Juga: Persiapan Menikah: Genbest Calon Ibu yang Sehat Kah?

 

8.  Lakukan tes kesehatan

 

Tes kesehatan perlu dimasukkan ke daftar persiapan pernikahan juga. Tujuan tes kesehatan sebelum menikah, selain untuk mengetahui kondisi kesehatan secara menyeluruh, juga untuk mencari tahu ada tidaknya penyakit menular yang diderita oleh kedua calon pengantin. Untuk calon pengantin wanita, tes kesehatan juga dapat membantu merencanakan kehamilan yang sehat kelak. 

 

Baca Juga: 7 Tes Kesehatan yang Penting Dilakukan Sebelum Menikah

 

9. Mengikuti bimbingan pra-nikah

 

Daftar persiapan pernikahan berikutnya adalah mengikuti bimbingan pra-nikah. Mengikuti bimbingan pranikah bertujuan agar calon pengantin lebih paham dengan seluk-beluk dunia pernikahan. Harapannya calon pengantin bisa lebih siap dan memahami seluruh risiko yang mungkin akan terjadi.

 

Baca Juga: Penting Dibaca Jelang Menikah: Persiapan Mental, Kognisi, dan Emosi

 

10. Mendapatkan restu keluarga

 

Berikutnya adalah mendapatkan restu keluarga. Ingat, pernikahan tidak hanya sekadar menyatukan Genbest dan pasangan saja. Faktanya, pernikahan turut “menikahkan” dua keluarga sekaligus. Apabila sudah mendapatkan restu, maka Genbest dan pasangan akan merasa lebih nyaman dan disambut baik oleh seluruh anggota keluarga.

 

Baca Juga: 7 Tanda Genbest dan Pasangan Siap Menikah

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top