18 Aug

Banyak ibu memilih tetap bekerja selama masa kehamilan. Apakah GenBest salah satunya? Selama kehamilan berjalan sehat dan dokter mengizinkan, boleh-boleh saja, kok. Namun mungkin ada yang perlu disesuaikan agar GenBest bisa tetap nyaman selama berkegiatan di tempat kerja dan tentu agar GenBest tetap sehat, begitu juga si kecil yang masih dalam kandungan.

 

Masa kehamilan termasuk masa 1.000 hari pertama kehidupan. Ini artinya gizi ibu selama kehamilan akan memiliki pengaruh besar pada kehidupan seorang anak. Selain berperan dalam pembentukan fungsi otak dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh janin, gizi ibu juga memiliki pengaruh pada kesehatan si kecil di masa depan, termasuk menghindarinya dari risiko stunting.

 

Baca Juga:  Jangan Abaikan Nutrisi 1.000 Hari Pertama Kehidupan, Ini Alasannya

 

Artinya apa?  Kesibukan saat bekerja sangat wajar, tapi GenBest tetap perlu memerhatikan nutrisi. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi harian dengan baik. Jangan hanya sekadar memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, dan lemak, tapi juga vitamin dan mineral. Dengan kata lain, jangan makan asal kenyang saja, tapi makanlah makanan yang bergizi.  

 

Nah, untuk menjaga nutrisi GenBest yang sedang hamil tapi sibuk bekerja,  GenBest bisa mencoba tips di bawah ini:

 

Makan makanan kaya zat besi

GenBest yang sedang hamil mungkin akan merasa cepat lelah. Kelelahan bisa menjadi gejala anemia defisiensi besi, tetapi mengatur pola makan bisa membantu.  Makanlah makanan yang kaya zat besi dan protein, seperti daging-dagingan, ayam, seafood, sayuran hijau, sereal gandum utuh yang diperkaya zat besi, dan kacang-kacangan. Jangan lupa untuk minum tablet tambah darah yang diresepkan oleh dokter.

 

Baca Juga: Panduan Makan Sehat untuk Ibu Hamil Muda Agar Janin Tetap Sehat

 

Perhatikan jadwal makan

GenBest juga jangan lupa makan yang teratur. Buatlah jadwal makan menjadi 3 kali makan utama dan 2 kali camilan agar perut tidak kosong. Menunda makan dan membiarkan perut kosong, bisa memancing rasa mual.

 

Pilih camilan sehat

Misalnya, buah-buahan. Cobalah untuk mengonsumsi 2-4 porsi buah-buah yang beragam setiap hari. Keunggulan buah-buahan sebagai camilan adalah rendah kalori, namun mengandung serat, vitamin dan mineral yang baik untuk tumbuh kembang janin. Hindari atau kurangi gorengan dan camilan ringan, seperti keripik, karena mengandung lemak jahat yang bisa mengganggu kesehatan.

 

Jangan lupa kebutuhan cairan tubuh

Tidak kalah penting, GenBest juga harus memenuhi kebutuhan cairan harian agar terhindar dari dehidrasi. Disarankan minum air mineral minimal 10 gelas, atau sekitar 2.500 ml per hari. GenBest bisa coba membawa botol minum dari rumah, dan mengisinya di kantor saat habis. Namun, pastikan air yang kamu konsumsi bersih dan layak minum, ya.

 

Selain air mineral, GenBest juga bisa dengan minum jus buah segar tanpa gula. Saat masa kehamilan sebaiknya hindari minuman bersoda, alkohol, dan kafein.

 

Nah, itu tadi beberapa cara untuk tetap memenuhi kebutuhan nutrisi saat hamil walau sibuk bekerja. Kesibukan bukanlah halangan untuk kita melupakan nutrisi penting bagi janin. Jadi sebisa mungkin kita tetap makan makanan bergizi, ya, GenBest!

 

Baca Juga: Begini Cara Mengelola Air Sumur Jadi Layak Minum

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top