2 Sep

Anak Tidak Mau Makan Sayur? Coba Trik Ini!

by : Admin

Membujuk anak untuk makan sayur bisa menjadi tantangan bagi banyak orang tua. Padahal, sayuran adalah sumber nutrisi penting yang diperlukan bagi pertumbuhan dan kesehatan anak. Genbestie yang punya kesulitan untuk membujuk anak makan sayur dapat mencoba beberapa trik yang dipaparkan. Melansir ayosehat.kemkes.go.id, berikut adalah 7 trik yang bisa diterapkan untuk membuat anak mau makan sayur:

 

1. Sajikan sayur dengan potongan yang menarik
 
Untuk menarik perhatian anak, coba sajikan sayur dengan potongan yang unik. Cara ini bertujuan mengubah persepsi anak bahwa sayur tidak 'semengerikan' yang dibayangkan.

 

2. Kenalkan sayur yang manis terlebih dahulu 

Sebagai permulaan, kenalkan sayur yang memiliki rasa manis atau gurih terlebih dahulu. Jangan mengenalkan sayur dengan tekstur keras ataupun rasa yang pahit.

 

Baca Juga: Manfaat Sayuran Berdasarkan Warnanya

 

3. Modifikasi ke bentuk lain 

Sajikan sayur dalam bentuk yang berbeda, misalnya dalam bentuk sup krim sayur, nuget sayur, hingga pizza sayur. Dengan menyajikan sayuran dalam bentuk yang berbeda, kegemaran anak akan meningkat.  

 

4. Jangan memberi terlalu banyak jenis sayur

Variasi dari jenis sayur yang diberikan kepada anak juga harus diperhatikan. Misalnya, berikan rentang antara 7-10 hari untuk mengenalkan satu sayur. Karena setiap anak memiliki kemampuan berbeda untuk mengidentifikasi rasa.

 

5. Ajak Si Kecil berpartisipasi 

Mengajak anak ikut serta saat mempersiapkan makanan juga bisa dilakukan supaya anak lebih tertarik untuk mencoba apa yang disiapkan. Bisa dengan mengajak anak untuk mengupas atau mencuci sayur. 

 

6. Sisipkan di bekal makanannya 

Konsisten dalam memberikan menu sayur. Sebagai contoh, tambahkan sayur ke bekal anak agar ia rutin mengonsumsi sayur-sayuran. Variasinya pun bisa disesuaikan dengan kesukaan anak.  

 

7. Memberikan contoh yang baik 

Anak lebih mudah mencontoh tindakan orang tuanya, maka dari itu penting untuk memberikan contoh seperti makan sayur-sayuran di depan anak.


Menghadapi anak yang tidak mau makan sayur memang membutuhkan kesabaran dan kreativitas. Dengan mencoba trik-trik di atas, Genbestie dapat memastikan anak mendapatkan asupan gizi yang seimbang. Perlu diingat bahwa yang terpenting adalah membuat pengalaman makan sayur jadi menyenangkan. Yuk terapkan triknya, Genbestie!

 

Baca Juga: Bolehkah Kangkung untuk MPASI?

 

-----

 

Sumber: 

https://ayosehat.kemkes.go.id/jurus-agar-anak-mau-makan-sayur-dan-buah 

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top