Begini Cara Mengelola Air Sumur Jadi Layak Minum

Sed ut perspiciatis unde
29 Mei

Begini Cara Mengelola Air Sumur Jadi Layak Minum

GenBest apakah di rumah menggunakan air sumur? Salah satu sumber air yang sampai saat ini masih sering digunakan di Indonesia untuk mendapatkan air minum adalah air sumur. Namun, sayangnya tidak semua daerah bisa mendapatkan air yang berkualitas baik untuk dikonsumsi.

 

Ada beberapa syarat air yang layak untuk dikonsumsi berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan No.907/MENKES/SK/VII/2002, yaitu: air tidak memiliki rasa, air tidak berwarna, air tidak memiliki bau, air tidak mengandung bakteri atau mikroorganisme berbahaya dan air tidak mengandung logam berat.

 

Untuk itu diperlukan kehati-hatian bila menggunakan air sumur di rumah, terutama untuk air minum. Air sumur yang terkontaminasi  parasit  atau bakteri, misalnya, bisa menimbulkan berbagai penyakit, seperti diare dan cacingan pada anak-anak. Seperti yang GenBest ketahui, diare atau cacingan yang tidak teratasi dengan baik bisa meningkatkan ancaman stunting karena penderitanya menjadi kekurangan gizi.

 

Sementara air sumur yang terkontaminasi logam berat juga tidak layak minum karena akan memunculkan berbagai risiko kesehatan.  Contoh, adanya kandungan timah dan nitrat dalam air meningkatkan risiko masalah perkembangan mental pada anak.

 

Jadi apa yang perlu dilakukan? Coba pastikan dulu apakah air sumur di rumah layak minum atau tidak. Caranya? Bisa dengan melakukan pengujian air secara manual atau GenBest bisa datang membawa sampel air ke Sucofindo, sebuah badan yang bisa membantu memeriksa kandungan air tanah. Biasanya nanti kamu akan mendapat secarik kertas berisi rincian kandungan dari air tanah di rumah. Nah, bila air sumur mengandung logam beram, kamu bisa membeli filter air.

Filter air akan membantu mendapatkan air yang lebih bersih dan layak konsumsi. Pilihlah filter yang khusus untuk air minum, bukan untuk air kamar mandi atau keran karena hasil akhirnya pasti akan berbeda.

 

Filter air juga harus disesuaikan dengan kualitas air di rumahmu. Misalnya, air di rumah mengandung klorin atau tembaga. Pastinya akan menyebabkan airmu memiliki rasa dan bau yang aneh, dong? Nah, kamu bisa memilih filter air jenis karbon aktif. Lalu, kalau jenis air di rumah mengandung pasir, maka pilihlah filter dengan media pasir silika. Untuk air yang mengandung minyak, pilihlah filter dengan media mangan atau ferrolite yang dapat menjernihkan air sekaligus. Terakhir, untuk air di dalam kolam terbuka, GenBest bisa pilih filter air dengan pasir zeolit. 

 

Meskipun sudah memasang filter air, namun GenBest tetap harus berhati-hati, ya. Karena, tidak selamanya air yang terlihat jernih sudah bebas dari mikroorganisme berbahaya.  Untuk itu, sebelum menggunakan air sumur untuk  dikonsumsi, rebuslah air sampai mendidih. Ini dikarenakan, sebagian besar organisme tidak dapat bertahan ketika dipanaskan.

 

Semoga air sumur di rumah GenBest sekarang lebih layak minum!

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top