Genbest, Jangan Lewatkan Pemeriksaan Pertama untuk Bayi

Sed ut perspiciatis unde
22 November

Genbest, Jangan Lewatkan Pemeriksaan Pertama untuk Bayi

Setelah lahir, kamu pasti lelah dan sibuk merawat dan mengasuh si kecil. Menyusuinya, memandikan, serta mengajaknya bermain. Kerepotan dan kesibukan ini kadang membuat kita malas memeriksakan si kecil ke dokter. Padahal, pemeriksaan pertama itu penting lo buat si kecil.

 

Semua bayi dalam kondisi apa pun, meski dia terlihat sangat sehat, tetap harus menjalani pemeriksaan kesehatan oleh dokter. Bukan apa-apa, pemeriksaan pertama itu berguna untuk memantau kondisi kesehatan bayi. Dengan begitu, apabila ada masalah, gangguan, kondisi abnormal bisa sesegera ditangani atau dilakukan tindakan pencegahan. Misalnya saja, boleh jadi si kecil alami gangguan kuning yang memerlukan intervensi medis segera, mengalami gangguan pernapasan, sulit menyusu, dan lainnya.

 

Nah, biasanya pada pemeriksaan pertama, fisik si kecil akan diobservasi, meliputi pengukuran panjang badan, berat badan, dan lingkar kepala. Setelah itu, angka pemeriksaan dicocokkan dengan kurva grafik pertumbuhan. Kurva ini biasanya ada juga di kartu KMS yang Genbest punya. Kalau ada masalah, dokter akan segera menanyakan kira-kira penyebab sekaligus solusi untuk mengatasinya. Termasuk bagaimana proses menyusui si kecil apakah lancar atau tidak.
 
Setelah itu, dokter juga akan memeriksa bagian mata, denyut jantung, bekas tali pusat, pinggul dan kaki. Semua itu dilakukan untuk mengecek kemungkinan gangguan yang dialami si kecil. Pada pemeriksaan ini pula, bayi akan diberikan imunisasi pertama seperti imunisasi BCG dan Hepatitis B. Berikutnya, imunisasi polio pun akan diberikan.

 

Imunisasi penting banget buat menjaga si kecil dari penyakit berbahaya. Karena itu, kamu perlu mencatat jadwal imunisasi yang sudah dan belum dilakukan. Jangan sampai ada yang terlewat. Untuk itu, miliki kartu KMS untuk memantau imunisasi yang sudah dijalani si kecil.

 

“Berdasarkan pengalaman saya, kira-kira hanya setengah dari pasien saya yang mampu memenuhi jadwal kontrol pertama ini. Sebenarnya memang tidak ada waktu khusus kapan kontrol pertama bagi bayi baru lahir. Namun, sebaiknya dalam jangka waktu 1 minggu setelah bayi dibawa pulang,” kata Dr. Yanti Susianti, Sp.A, dikutip dari Nakita.id.

 

Padahal dari kontrol pertama, dokter bisa mengetahui apakah nutrisi menyusui ibu sudah optimal atau tidak dan lagi, dilakukannya imunisasi dapat mencegah anak dari penyakit-penyakit yang tidak diinginkan.

Sudahkah si kecil menjalani pemeriksaan pertama?

     

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top