4 Oct

Apakah selama ini GenBest mensterilisasi botol susu dan dot bayi?  Hingga si kecil berusia 12 bulan, peralatan makan, termasuk botol susu, si kecil masih perlu disterilisasi. Kenapa? Ini terkait sistem kekebalan tubuh bayi yang belum berkembang sepenuhnya.

 

Botol susu yang kotor rentan terkontaminasi bakteri dan virus yang bisa membuat bayi mengalami diare. Bayi yang sering sakit, dikhawatirkan bisa mengalami gagal tumbuh dan menderita stunting, karena energi bayi yang seharusnya untuk bertumbuh dan berkembang, malah digunakan untuk menyembuhkan penyakitnya. Inilah mengapa Perilaku Hidup Bersih dan Sehat selalu dikaitkan erat dengan stunting.

 

Baca Juga: Sanitasi Buruk Picu Stunting

 

Pentingnya Sterilisasi Peralatan Makan dan Minum Si Kecil

Nah, terkait soal membersihkan peralatan makan dan minum bayi, tidak hanya cukup dengan air sabun saja, namun perlu disterilisasi.  Menurut dokter spesialis anak, dr Melanie Yudiana Iskandar, sterilisasi peralatan makan dan minum harus dilakukan hingga usia bayi 12 bulan karena pada masa bayi, anak lebih rentan terserang penyakit karena sistem imunnya belum terbentuk sempurna.

 

Tetapi seberapa sering GenBest harus mensterilkan peralatan makan dan minum bayi? Idealnya adalah setiap kali bayi habis menyusu atau makan.  Kalau karena kesibukan GenBest belum punya waktu untuk mensterilisasi, setidaknya bersihkan botol dan dot dengan membilasnya dengan air bersih. Ini akan membuatnya lebih mudah disterilisasi nanti. Hindari menumpuk peralatan makan dan minum bayi yang kotor untuk kemudian dibersihkan sekaligus karena ini bisa membuat bakteri dan virus punya kesempatan untuk tumbuh.
 

 

Dengan mensterilisasi, bakteri dan virus yang menempel pada peralatan makannya akan mati. Menariknya, bakteri dan virus punya titik didih yang beda-beda. Bakteri akan lebih mudah mati pada suhu di atas 65 derajat Celsius. Sedangkan, virus lebih lama mati dibanding bakteri, dan mulai melemah di antara suhu 60-65 derajat Celsius.

 

Namun ada beberapa jenis virus yang baru melemah setelah dipanaskan di atas suhu 70 derajat Celsius. Untuk itu, agar lebih aman GenBest harus mensterilisasi peralatan makan dan minum bayi di atas suhu 90 derajat Celsius.

 

Tidak perlu khawatir peralatan makan itu akan rusak, karena biasanya alat makan dan minum bayi bisa bertahan hingga 120 derajat Celsius. Hanya saja, agar lebih pasti, cek dulu suhu maksimun ketahanan pada keterangan yang tertera. Satu lagi yang penting, pastikan alat makan dan minum bayi BPA-Free, karena saat dipanaskan alat makan yang terbuat dari plastik bisa mengeluarkan zat-zat berbahaya.

 

Baca Juga: Pentingnya 1.000 Hari Pertama Kehidupan Bagi Tumbuh Kembang Anak

 

Tips Sterilisasi Alat Makan dan Minum Bayi

Nah, kira-kira GenBest sudah tahu belum, bagaimana cara sterilisasi peralatan makan dan minum bayi dengan benar? Lebih lengkapnya, simak tips di bawah ini, ya:

 

1. Merebus peralatan makan dan minum bayi

Sterilisasi peralatan makan dan minum bayi yang paling mudah adalah merebusnya. GenBest cukup memasukkan peralatan makan dan minum bayi yang sudah dicuci bersih ke dalam panci besar yang sudah berisi air. Jika sudah, rebus hingga mendidih selama 5-10 menit, kemudian tiriskan dan simpan di wadah yang bersih.

 

2. Melakukan sterilisasi dengan uap

Sterilisasi dengan uap juga tergolong praktis. Sekarang ada banyak dijual alat khusus mensterilkan yang bisa dengan mudah kita temukan. Dibandingkan direbus, uap tergolong lebih hemat waktu dan efektif membunuh bakteri, karena dapat mencapai suhu yang lebih tinggi daripada air mendidih. Bahkan, alat sterilisasi uap bisa digunakan untuk mensterilkan mainan dan teether si Kecil, lho.

 

3. Sterilisasi dengan microwave

Kalau GenBest punya microwave di rumah, tidak ada salahnya menggunakannya untuk mensterilisasi alat makan dan minum bayi. Tapi GenBest harus pastikan microwave di rumah bersih dan tidak ada noda sisa makanan yang menempel, ya. Pastikan juga alat makan bayi memang aman untuk dimasukkan ke dalam microwave, ya.

 

4. Sterilisasi menggunakan sinar UV

Cara ini lebih efektif lagi, GenBest bisa menggunakan alat sterilisasi yang dilengkapi dengan sinar UV. Harganya relatif lebih mahal, namun kemampuannya tidak perlu diragukan lagi. Adanya sinar UV di dalam alat sterilisasi mampu menghilangkan 99% bakteri yang tertinggal pada alat makan bayi.

 

Nah, itu adalah beberapa tips mensterilisasikan peralatan makan dan minum bayi yang bisa GenBest lakukan di rumah. Silakan GenBest sesuaikan dengan kebutuhan si kecil.

 

Baca Juga: Sering Terlupakan, Ini Cara Melatih Oromotor Bayi Agar Terampil Makan

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top