7 Khasiat Buah Naga untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

Sed ut perspiciatis unde
20 Mei

7 Khasiat Buah Naga untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

Buah ini bernama gagah, Dragon Fruit atau Buah naga. Rasanya  agak manis. Beberapa orang menggambarkan rasa buah naga seperti campuran kiwi, pir, dan semangka. Setuju nggak, GenBest?

 

Namun, selain rasa, ada yang lebih penting untuk dibahas dari buah naga, yaitu kandungan berbagai vitamin dan mineral di dalamnya.  Kandungan vitamin C buah naga, misalnya, ternyata tiga kali lipat lebih banyak daripada wortel. 

 

Bolehkan buah naga untuk anak? Boleh, kok. GenBest bisa memperkenalkan buah naga segera setelah bayi siap untuk makanan padat. Tekstur buah naga yang lembut seharusnya relatif mudah dimakan oleh bayi.

 

Memiliki banyak kandungan gizi menjadikan buah naga dikenal sebagai buah super yang punya banyak manfaat. Jadi, yuk manfaatkan buah naga sebagai salah satu buah untuk mendukung tumbuh kembang si kecil dalam periode emas pertumbuhannya. Berikut manfaat buah naga untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

 

Mempelancar sistem pencernaan 

Memiliki kandungan serat tinggi membuat buah naga cocok untuk memperlancar sistem pencernaan dan bisa membantu anak terhindar dari masalah perut kembung hingga sembelit. Serat juga diperlukan untuk pergerakan usus yang sehat dan bermanfaat untuk menstabilkan kadar gula darah dan bisa membantu anak merasa kenyang lebih lama.

 

Mencegah anemia

Konsumsi buah naga sangat bagus untuk meningkatkan jumlah sel darah merah karena kaya akan zat besi. Seperti kita tahu, zat besi sangat baik untuk mencegah anemia, penyakit yang dapat menyebabkan banyak gangguan perkembangan pada anak. Kandungan zat besi yang kaya pada buah naga juga penting untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan otak anak yang masih dalam masa periode emas pertumbuhannya.

 

Meningkatkan daya tahan tubuh

Kunci tumbuh kembang anak yang optimal adalah daya tahan tubuh yang selalu terjaga. Saat anak sering jatuh sakit, artinya daya tahan tubuhnya lemah. Jika tidak segera diatasi, proses tumbuh kembang anak di periode emas pertumbuhan akan terhambat.  Di sinilah kandungan vitamin C pada buah naga berperan penting meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. 

 

Menjaga kesehatan mata

Tingginya kandungan vitamin A pada buah naga, dapat membantu menjaga kesehatan mata anak. Vitamin A ini juga bermanfaat untuk melindungi anak dari segala macam penyakit infeksi.

 

Memperkuat tulang

Buah naga kaya akan kandungan mineral seperti potasium dan kalsium. Dalam potasium terdapat senyawa fenolik dan flavonuloid yang dapat menjaga kesehatan tulang anak. Kandungan kalsium pada buah naga juga berguna untuk membangun tulang yang kuat 

 

Meningkatkan sistem saraf

Adanya kandungan fosfor, kalsium, dan sodium pada buah naga dapat membantu meningkatkan fungsi sistem saraf yang akan menunjang keterampilan motorik dan sensorik anak bekerja dengan lebih baik. 

 

Sebagai antioksidan

Buah naga kaya akan antioksidan seperti flavonoid, asam fenolat, dan betacyanin. Zat alami ini melindungi sel-sel dari kerusakan oleh radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit seperti kanker dan penuaan dini. Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah naga juga sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak menjadi lebih kuat dan terhindar dari paparan penyakit di sekitarnya.

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top