10 May

GenBest, saat berpuasa ini pernah merasa lemas, mata berkunang-kunang, pusing serasa mau jatuh? Hmm, bisa-bisa itu tanda anemia, lho. Ya, anemia memang bisa menyerang siapa saja. Penyebabnya? Mungkin karena saat sahur dan berbuka makanan kamu kurang bergizi.

 

Seperti kita ketahui, penyebab anemia biasanya kekurangan zat besi. Jadi solusinya sebenarnya mudah, yakni dengan memilih makanan yang kaya zat besi. Salah satunya daun kelor.

 

Ini nggak bercanda, lho. Mungkin nama sayuran ini terkesan lucu, tapi daun kelor begitu kaya nutrisi. Daun kelor, misalnya, memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Setiap kandungan nutrisi yang terdapat pada daun kelor sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan harian kita. Bahkan, kandungan vitamin A di daun kelor setara dengan mengonsumsi 4 wortel, lho.  Daun kelor juga mengandung vitamin C, tujuh kali lebih tinggi dari jeruk. Menarik, bukan?

 

Baca juga: Bolos Puasa Karena Haid, Hati-hati Anemia

 

 

Supaya GenBest nggak makin penasaran, berikut adalah beberapa manfaat daun kelor:

Kaya nutrisi untuk tubuh

Daun kelor dikenal sebagai sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuhmu. Dalam setiap 20 gram daun kelor mengandung:

  • Protein: 2 gram
  • Vitamin B6: 19% dari rekomendasi konsumsi harian 
  • Vitamin C: 12% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Zat besi: 11% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Vitamin B2: 11% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Vitamin A: 9% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Magnesium: 8% dari rekomendasi konsumsi harian

 

Mencegah anemia

Daun kelor memang dikenal sebagai makanan yang kaya zat besi. Bahkan, kandungan zat besi dalam daun kelor setara dengan 25 ikat bayam. Cukup mengejutkan, bukan? Maka, tidak heran kalau daun kelor dipercaya ampuh mengatasi masalah anemia pada remaja putri, termasuk memenuhi kebutuhan nutrisi kita selama bulan puasa ini.

 

Baca juga: Kenapa Remaja Putri Lebih Rentan Alami Anemia?

 

Meningkatkan daya ingat

Kandungan antioksidan dalam daun kelor dipercaya dapat meredakan stres dan membantu otak bekerja dengan baik, sekaligus meningkatkan konsentrasi. 

 

Meningkatkan energi

Kalau kamu sering merasa nggak bersemangat dan selalu merasa lemas setiap belajar, coba deh konsumsi daun kelor saat sahur. Kandungan vitamin dan nutrisi daun kelor akan meningkatkan energi harianmu. 

 

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Fakta menarik lainnya, daun kelor dapat meningkatkan daya tahan tubuhmu. Bahkan, WHO menjuluki daun kelor sebagai miracle tree, karena berbagai khasiat yang ada di dalamnya. Kandungan nutrisi dalam daun kelor bekerja efektif menjaga tubuh kita terhindar dari berbagai macam penyakit.

 

Oh iya, saat mengonsumsi daun kelor, GenBest tetap perlu memenuhi kebutuhan nutrisi harianmu dengan gizi seimbang ya! Mudah, kok, yaitu dengan menerapkan Isi Piringku setiap sahur dan setelah berbuka. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh juga, ya, GenBest!

 

Baca juga: Mencegah Stunting Dimulai dari Masa Remaja. Begini Caranya!

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top