Masih ragu memberikan ceker ayam pada anak? Padahal ada banyak manfaat ceker ayam pada MPASI si kecil, lho. Salah satunya bisa menjaga daya tahan tubuh si kecil..

Berat badan adalah salah satu indikator kesehatan bagi anak-anak. Lalu bagaimana jika berat badan si kecil berada di bawah standar ideal? .

Sebagai salah satu indeks tumbuh kembang ideal anak, berat badan bayi harus benar-benar diperhatikan. Berikut pertambahan berat badan ideal bayi setiap bulannya..

Ketahui kapan gigi-gigi si kecil tumbuh dan tanggal, agar bisa dirawat dengan baik, sehingga memungkinkan mereka mengunyak makanan dengan baik juga, dan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang..

Mengolah pisang untuk MPASI bayi tidak hanya sebatas puree saja, lho. Ada banyak variasi menu MPASI buah pisang yang bisa GenBest coba di rumah. Agar anak tidak bosan. Ini resepnya!.

Sangat tidak disarankan memberikan air putih pada bayi di bawah usia 6 bulan. Karena dapat memunculkan berbagai gangguan kesehatan yang bisa memengaruhi tumbuh kembang anak..

Gigi susu ternyata juga berfungsi untuk membantu bayi mengunyah MPASI dengan lebih baik. Simak, yuk, mitos dan fakta seputar pertumbuhan gigi bayi..

Memasuki usia 5 bulan, bayi menunjukkan berbagai perkembangan menakjubkan, salah satunya berguling. Hanya itu? Tentu tidak, yuk cek si kecil sudah bisa apa saja!.

Selain sayuran, daging juga sering menjadi musuh anak-anak. Padahal sumber protein satu ini dapat mendukung tumbuh kembang si kecil, lho. Yuk, intip 5 trik membuat anak mau makan daging..

Cegah Penyakit Kardiovaskular, Ini 6 Manfaat Lain Pepaya Pepaya menjadi salah satu buah yang kerap digunakan sebagai MPASI si kecil berkat tingginya kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak..

Melatih bayi menggunakan sendok bukan hanya melatih kemandirian, proses ini sekaligus menstimulasi kemampuan motoriknya. Lantas di usia berapa kita melatih kemampuan ini?.

Memiliki segudang nutrisi dan manfaat, tidak heran jika buah kerap dijadikan salah satu menu MPASI anak. Namun, GenBest harus memilih buah yang tepat agar aman dikonsumsi si kecil..

Adanya bau amis dan tekstur yang cukup asing menjadi salah satu penyebab anak tidak suka makan ikan. Tenang, ada cara siasati anak agar suka makan ikan berikut ini..

Vitamin C menjadi salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk mendapatkan manfaat vitamin C pada si kecil, GenBest bisa memberikan berbagai buah pilihan berikut ini..

GenBest pertama kali membuat puree untuk MPASI si kecil? Simak dulu, yuk, hal-hal seputar puree yang perlu kamu ketahui, dari soal tekstur, porsi, hingga pengolahannya. .

MPASI berfungsi memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak agar tumbuh kembangnya optimal. Tanpa disadari, ada beberapa kesalahan pemberian puree yang bisa menyebabkan anak mengalami kurang gizi dan terancam stunting. .

Stimulasi dan nutrisi pada masa 1.000 hari pertama kehidupan penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Lantas seberapa besar peran stimulasi dan nutrisi pada 1.000 HPK?.

Memiliki segudang nutrisi yang dapat mencegah stunting, menjadikan ikan sebagai salah satu jenis makanan yang cocok dijadikan menu MPASI. Tapi, kapan anak boleh makan ikan untuk MPASI, ya?.

Mencuci peralatan makan dan minum bayi dengan air sabun saja tidak cukup, lho. Agar tetap aman, GenBest tetap harus melakukan sterilisasi peralatan makan dan minum si Kecil..

Madu dikenal memiliki segudang manfaat untuk tubuh, namun kenapa bayi belum boleh minum madu? Ini dia fakta lengkapnya..

Buah melon dikenal memiliki banyak nutrisi dengan segudang manfaat bagi tubuh. Maka tidak heran kalau buah melon kerap dijadikan menu MPASI bayi..

Rata-rata gigi susu pertama bayi akan muncul pada usia 6-8 bulan. Tapi kalau sebelum usia itu juga nggak masalah, kok. Karena setiap anak punya fase pertumbuhan yang berbeda-beda..

Boleh saja menyimpan stok MPASI, tapi GenBest harus tahu cara menyimpan yang tepat agar kandungan nutrisi dalam MPASI tetap terjaga..

Makan ikan ternyata juga penting dalam upaya mencegah stunting, lho, GenBest. Ikan mempunyai kandungan protein yang tidak kalah hebatnya dengan daging sapi maupun ayam..

Memasuki usia 6 bulan, si kecil siap dikenalkan dengan MPASI. GenBest sudah punya perlengkapan MPASI di rumah belum, nih? Buat yang belum, simak di sini, ya!.

Anak dengan keterampilan oromotor yang lemah akan sering melepeh makanan, mengalami kesulitan mengunyah, lebih suka mengemut, dan biasanya hanya senang makanan yang lembut-lembut. Karena itulah keterampilan oromotor si kecil perlu distimulasi sejak dini..

Si kecil sudah mulai memasuki tahap finger food, nih. Kira-kira makanan apa yang bisa dijadikan finger food untuk si kecil, ya?.

Salah satu fase dalam dalam tumbuh kembang anak ialah lulus ASI eksklusif, lalu lanjut mengonsumsi MPASI. Masalahnya kita suka tidak ada waktu membuatnya. .

Sebagai ibu baru yang siap memasuki masa MPASI untuk anak, wajib banget tahu beberapa singkatan penting seputar MPASI. Apa saja itu?.

Bayi baru masuk tahap MPASI tapi sudah pilih-pilih makanan. Hmm, ada berbagai faktor yang menyebabkan hal ini. Berikut penjelasannya..

Berat badan si kecil yang tidak bertambah memang bisa bikin deg-degan. Bukankah berat badan menjadi salah satu indikator pertumbuhan anak? Kalau si kecil juga mengalaminya, berikut tips menambah berat badan pada 12 bulan pertama..

Tidak perlu bingung menentukan menu MPASI si kecil. GenBest bisa memulai dari bahan yang paling mudah didapat dan kaya manfaat, yaitu ubi ungu..

Memberikan MPASI sebaiknya pada usia berapa, sih? Hal-hal apa yang harus diperhatikan saat akan memberikan MPASI pada anak? Temukan jawabannya pada artikel berikut..

Anak mulai susah makan? Apakah artinya harus segera diberikan suplemen? Sebelum memberikan suplemen pada anak, ada baiknya cek dulu artikel ini..

Si kecil sudah masuk usia MPASI? Jangan lupa memberikan menu MPASI 4 bintang, ya. Agar ia bisa terbebas dari risiko stunting. Seperti apa sih, MPASI 4 bintang?.

Mengonsumsi makanan sehat perlu diterapkan sedini mungkin agar tumbuh kembang anak optimal dan bisa menjauhkannya dari risiko stunting. Kedengarannya memang mudah, tapi prakteknya penuh tantangan. Coba ikuti tips di artikel ini. .

Ikan adalah salah satu jenis protein hewani yang harus ada pada MPASI untuk mencegah stunting. Namun, sudah pernah dengar manfaat dari ikan teri untuk MPASI belum?.

Selain karena chubby, anak gemuk dianggap sebagai cukup gizi. Padahal anak gemuk masih berisiko terkena stunting, lho. .

Idealnya MPASI diberikan saat bayi berusia 6 bulan. Namun, ada beberapa kasus MPASI perlu dikenalkan lebih dini di usia 4 atau 5 bulan..

Salah satu tantangan orang tua saat si kecil masuk masa MPASI adalah gerakan tutup mulut (GTM). Anak rewel saat diajak makan bahkan tidak mau memasukkan makanan ke mulut. .

Masih ada anggapan bahwa bayi akan terus lapar jika hanya diberi ASI saja, dan tidak diberikan makanan padat. Padahal, si kecil masih di bawah 6 bulan. Apakah MPASI terlalu cepat bisa bikin anak berisiko alami stunting?.

Si kecil yang sudah masuk usia 6 bulan harus kita kenalkan pada Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). Nah, pengenalan MPASI pada bayi kurus agak berbeda dengan bayi yang berat badannya normal. Seperti apa? .

Memberikan MPASI Instan pada bayi itu boleh, namun perhatikan beberapa hal di bawah ini, ya..

Anak yang suka pilih-pilih makanan memang bikin khawatir. Coba bagaimana kalau sampai mengganggu tumbuh kembangnya, apalagi mengalami stunting? Duh, jangan sampai ya GenBest. .

Anak-anak ternyata juga merupakan kelompok yang rentan terpapar COVID-19. Untuk itu, penting melakukan langkah pencegahan COVID-19..

Menurut penelitian ternyata asupan protein hewani pada masyarakat Indonesia tergolong rendah. Padahal studi menemukan hubungan antara rendahnya konsumsi protein hewani ini dengan tingginya kejadian stunting..

Si kecil sudah mulai mencoba MPASI, ya? Penuhi kebutuhan gizinya dengan lima nutrisi di artikel ini..

Kecerdasan anak tidak hanya dari faktor genetik saja, melainkan dari makanan bernutrisi yang dikonsumsi sejak 1.000 hari pertama kehidupan. .

Kekurangan zat besi sangat berbahaya, apalagi terjadi pada periode emas pertumbuhan anak. Yuk, kenali gejalanya dan cara mengatasinya..

Dengan pertumbuhan otak yang pesat di 1.000 hari pertama kehidupannya, si kecil perlu mendapatkan “vitamin otak”. Seperti apa?.

Bakat alergi membuat si kecil lebih rentan mengalami alergi makanan. Karena itu, penting untuk menemukan sumber nutrisi pengganti yang aman untuk MPASI-nya..

Menyiapkan MPASI untuk si kecil yang punya bakat alergi memang tidak boleh sembarangan. Bagaimana tips agar bayi tetap tumbuh sehat?.

Kalau gak hati-hati, bukannya bermanfaat, malah menimbulkan beberapa masalah pada si kecil..

Ketika bayi sudah mulai fase makanan pendamping ASI, perhatikan, yuk, makanan yang tidak dianjurkan untuk si bayi..

Seperti apa, sih, konsep “Isi Piringku” yang dicanangkan oleh Kemenkes ini, untuk baduta dan batita? Yuk, simak penjelasannya di sini..

Tenang, kamu tidak sendirian menghadapi masalah makan anak ini. Untuk itu, ketahui dulu penyebanya anak sulit makan, lantas cari solusi untuk mengatasinya..

Ini penting diketahui, karena kemampuan duduk berkaitan erat dengan kemampuan makan makanan padat, untuk mendampingi ASI yang selama 6 bulan pertama, jadi sumber pemenuhan gizi bayi..

Apa yang terjadi pada masa ini memiliki dampak jangka panjang terhadap kehidupan saat usia dewasa nantinya..

Kecukupan berbagai zat gizi ditentukan dari apa yang dikonsumsi oleh ibu hamil.

Selain pola pengasuhan, satu hal yang tidak kalah penting ialah perilaku konsumsi..

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top