15 Sep

Apakah Genbest mengalami anemia? Bila jawabannya ya, Genbest tidak sendiri, karena menurut data Riskesdas 2018, proporsi kejadian anemia pada remaja putri memang cukup banyak, yakni sebesar 27,2%. Angka ini lebih tinggi dibandingkan remaja laki-laki yang hanya sekitar 20,3%! 

 

Tak heran anemia sering dianggap sebagai kasus kesehatan yang biasa terjadi. Tapi meski biasa, bukan berarti bisa dianggap ringan. 

 

Baca Juga: Kenapa Remaja Putri Lebih Rentan alami anemia

 

Anemia terjadi ketika Genbest tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat dalam tubuh. Karena tugas sel darah merah membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh, ini berarti jumlah sel darah merah yang rendah akan membuat jumlah oksigen dalam darah juga rendah. 

 

Inilah yang menyebabkan Genbest mengalami gejala, seperti mudah lelah, letih, lesu, kulit pucat, sering sakit, pusing, hingga sulit fokus saat mengikuti pelajaran di sekolah. Tidak hanya itu, anemia dapat memunculkan gejala lain, seperti kuku rapuh, rambut rontok, berubahnya indra perasa, atau telinga berdenging.

 

Baca Juga: Cara Diet yang Salah Ini Bisa Sebabkan Anemia

 

Satu hal yang perlu diingat, anemia nggak hanya karena kekurangan zat besi. Ada banyak jenis dan penyebab anemia, sehingga pengobatannhya juga bisa berbeda-beda.  

 

Itulah kenapa kalau Genbest mencurigai diri menderita anemia, sebaiknya segera berkonsultasi pada dokter. Dokterlah yang akan memutuskan anemia jenis apa yang dialami dan menyarankan pengobatan yang tepat. 

 

Baca Juga: Duh, Dampak Anemia pada Remaja Putri Bikin Ngeri

 

Anemia yang tidak diobati dapat membuat kondisi menjadi lebih parah dan penderita bisa terancam gangguan kesehatan lain, seperti aritmia (detak jantung tidak teratur), pembesaran jantung atau gagal jantung, terkena infeksi dan mengalami depresi. Bahkan, pada kasus anemia yang disebabkan kekurangan zat besi, ada dampak yang disebut pica disorder yang membuat penderita senang makan aneh-aneh, seperti kapur atau es batu. 

 

Hal yang juga mengkhawatirkan, anemia pada remaja putri yang tidak segera diatasi bisa terbawa hingga hamil nantinya, dan menyebabkan beberapa masalah kesehatan, seperti kelahiran prematur, bayi mengalami prematur, dan stunting. 

 

Baca Juga: Mencegah Stunting Dimulai dari Masa Remaja, Begini Caranya!

 

Pengobatan anemia biasanya membutuhkan waktu 1 sampai 2 bulan, namun, dalam kasus yang parah, perawatan yang lebih intensif mungkin diperlukan.

 

Yuk, cegah anemia sejak remaja untuk masa depan yang lebih baik, Genbest!

 

Baca Juga: Anjuran Minum Tablet Tambah Darah bagi Remaja Putri

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top