27 Nov

GenBest,  kalau  berat badan si kecil menjadi salah satu kegundahan, GenBest perlu melihat secara objektif dulu masalah ini. Karena yang sering terjadi, si kecil kita anggap kurus karena bagi kita yang lucu dan sehat adalah anak-anak yang gemuk.

 

Untuk itu, coba dilihat lagi catatan  berat badan pada KMS (Kartu Menuju Sehat) yang biasa GenBest dapat setiap membawa anak kontrol rutin di puskesmas atau rumah sakit. GenBest juga bisa memeriksa grafik berat badan si kecil. Kalau grafik anak tampak normal dan berat badannya ada dalam batasan yang ditentukan, si kecil yang “kurus” biasanya memang bawaannya begitu, tapi sebenarnya ia tumbuh dengan sehat.

 

Sebaliknya, bila pada grafik tampak berat badan anak terus turun atau stagnan, GenBest dapat segera berkonsultasi pada dokter untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan untuk mencegah sedini mungkin masalah tumbuh kembang,  termasuk stunting.

 

Untuk membantu menambah berat badan anak, GenBest dapat lebih memerhatikan nutrisinya. Tujuh makanan yang dapat menambah berat badan bayi dengan lebih cepat ini bisa dicoba di rumah:

 

1. Pisang

Cocok untuk menambah berat badan bayi karena pisang memiliki kandungan kalori tinggi, kaya akan kalium, vitamin C, vitamin B6, dan karbohidrat.  Berikan pisang sebagai MPASI si kecil dengan cara menghaluskannya. Agar berat badan bayi bertambah lebih cepat, GenBest bisa mencampur pisang yang telah dihaluskan dengan selai kacang.

 

2. Telur

Bukan hanya lemak, telur juga memiliki kandungan protein, vitamin A dan B12 yang penting untuk pertumbuhan bayi. Memasukkan telur sebagai salah satu menu MPASI dapat memaksimalkan peningkatan berat badan bayi.

 

3. Minyak zaitun

Dalam satu gram lemak nabati pada minyak zaitun terkandung hingga sembilan kalori. Untuk memberikannya pada si kecil, GenBest bisa menambahkan satu sendok teh minyak zaitun pada MPASI bayi. Kandungan lemak tersebut akan menambah berat badan si kecil secara signifikan. Selain minyak zaitun, beberapa minyak nabati lain seperti minyak kanola dan minyak kelapa (VCO) juga bisa menjadi pilihan.

 

Baca Juga: Langkah Pengenalan MPASI untuk Bayi Kurus

 

4. Alpukat

Kandungan lemak tak jenuh pada alpukat sangat efektif menambah berat badan bayi. Selain itu, asam lemak omega-3 pada alpukat juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengoptimalkan perkembangan otak bayi.

 

Baca Juga: Bayi Menolak MPASI, Kenapa Ya?

 

5. Kentang

Kentang berukuran sedang memiliki kandungan karbohidrat hingga 26 gram. Jadi tidak mengherankan jika makanan yang satu ini masuk dalam salah satu makanan yang sangat disarankan untuk menambah berat badan bayi. Selain rasanya yang enak, kentang juga cocok dijadikan menu MPASI karena kaya akan mineral, vitamin, dan berbagai fitokimia; seperti karotenoid dan fenol alami.

 

6. Ikan salmon

Salmon memiliki kandungan lemak sehat yang baik untuk menaikkan berat badan bayi. Dalam 200 gram salmon terkandung 250 kalori yang efektif untuk menambah berat badan bayi. Salmon juga ideal sebagai menu MPASI karena memiliki kandungan protein dan omega-3 yang baik untuk perkembangan otak bayi.

 

Baca Juga: Kapankah Anak Boleh Mulai Makan Ikan Untuk MPASI?

 

7. Daging merah

Daging merah tanpa lemak sangat cocok sebagai menu penambah berat badan bayi karena kandungan kalorinya yang tinggi. Selain itu, daging merah juga bermanfaat untuk membangun otot bayi, lho. GenBest bisa mengolah daging dengan cara mencincang halus atau diblender.

 

Baca Juga: Contoh Menu MPASI 4 Bintang Sesuai Usia Bayi

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top