Menjalani kehamilan pada usia di bawah 20 tahun bisa punya risiko yang kurang baik bagi ibu dan janin. .

Walaupun banyak menghabiskan waktu di rumah pada masa pandemi COVID-19 ini, setiap bumil tentu ingin tetap sehat, bugar dengan imunitas tubuh yang tetap terjaga. Penasaran caranya? Yuk baca tipsnya!.

Seiring bertambahnya usia kandungan, payudara memang ikut berubah, berisap untuk memproduksi nutrisi atau ASI bagi bayi nanti. .

Bukan hanya sekadar tidak memenuhi kebutuhan nutrisi harian, namun ada beberapa perilaku ibu hamil yang berisiko melahirkan anak stunting..

Kata siapa ibu hamil tidak boleh ngemil? Boleh-boleh saja, kok, asalkan camilannya juga baik untuk janin, ya! Ini beberapa rekomendasinya camilan sehat untuk ibu hamil..

Kesibukan saat bekerja sangat wajar, tapi GenBest tetap perlu perhatikan nutrisi. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi harian dengan baik. Bagaimana caranya? Ada tips mudah untuk ini..

Dulunya ASI pertama ini dianggap kurang berkualitas, karena warnanya yang tidak seputih ASI. Namun anggapan ini salah. Kolostrum memiliki berbagai kandungan penting bagi anak salah satunya mencegah stunting..

Memantau tumbuh kembang anak sekarang sudah sangat mudah dengan menggunakan aplikasi “Anak Sehat” dari GenBest. Ada banyak fitur menarik di dalamnya, lho!.

Menjaga asupan nutrisi saat masa kehamilan adalah kunci mencegah kelahiran bayi stunting. Salah satu nutrisi yang tidak boleh dilewatkan adalah asam folat. Mengapa?.

Masih cemas kalau harus periksa kandungan di saat Adaptasi Kebiasaan Baru ini, tapi penasaran dengan berat badan janin? Yuk, coba ukur berat janin secara manual dengan rumus mudah berikut ini..

Selamat atas kehamilannya, GenBest! Jangan lupa perhatikan asupan makanan agar janin tetap sehat, yaa..

Anemia bisa menyerang siapa saja, bayi, anak-anak, remaja putri, hingga ibu hamil. Salah satu cara mengatasinya dengan mengonsumsi makanan dan minuman tinggi zat besi. Apakah susu salah satunya?.

Stunting tidak hanya terjadi karena faktor eksternal, tetapi juga faktor genetik. Memang, tinggi badan ibu bukanlah penyebab utama stunting, tetapi ternyata juga berpengaruh, lho..

Meskipun sangat penting bagi kesehatan, namun asupan zat besi berlebihan juga tidak baik. Penumpukan zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit..

Salah satu makanan tinggi protein yang baik bagi ibu hamil adalah ikan lele. Namun, jangan lupa membersihkan dan mengolahnya dengan benar sebelum dimasak, ya..

Selama ini kita mengira ibu hamil yang gemuk tercukupi nutrisinya. Padahal seseorang yang mengalami kegemukan selama kehamilan juga berisiko kekurangan nutrisi. .

Yuk, cari tahu lebih lanjut berbagai hal seputar Anemia Defisiensi Besi lewat infografis ini..

Kurang gizi yang dialami ibu hamil tidak hanya akan berdampak pada kesehatannya sendiri, namun juga kesehatan janin yang dikandungnya. Untuk itu penting untuk mengenali tanda-tanda ibu hamil yang mengalami kurang gizi. .

Hemoglobin (Hb) punya peran penting untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Ketika bayi lahir dengan kadar Hb rendah, sel-sel tubuh tidak dapat menerima cukup oksigen sehingga bisa memengaruhi tumbuh kembang anak. Apa penyebab bayi lahir dengan Hb rendah?.

Salah satu cara mencegah anemia pada ibu hamil adalah dengan mengonsumsi TTD. Namun, bagaimana cara mendapatkan TTD di tengah pandemi Covid-19?.

Menjaga kesehatan buah hati harus dimulai sejak si kecil dalam kandungan. Salah satunya, mencegah buah hati lahir dengan berat badan rendah. Kondisi ini bisa mendatangkan banyak masalah kesehatan, salah satunya stunting. .

Melahirkan buah hati adalah kebahagiaan yang tiada terkira bagi seorang ibu. Tapi, kalau bersalin di tengah kondisi pandemi COVID-19 tentu bikin cemas. .

Anemia saat hamil dapat diatasi dengan mengonsumsi tablet tambah darah. Namun, apakah ada dampak jika tablet ini dikonsumsi jangka panjang? .

Telur adalah sumber vitamin dan mineral. Bahkan di telur, ada vitamin yang tidak ditemukan dalam banyak makanan lain, seperti vitamin D, yang bermanfaat bagi ibu hamil dan ibu menyusui. .

Faktor penyebab stunting ternyata bukan hanya kualitas gizi dan sanitasi buruk. Pernikaan di usia belia, di bawah 19 tahun, juga menjadi salah satu penyebabnya, lho..

Ternyata ada beberapa faktor kesehatan yang terkadang tidak kita sadari dapat meningkatkan risiko stunting. Apa saja ya?.

Masa-masa kehamilan ternyata memengaruhi sistem kekebalan tubuh ibu hamil. .

Ternyata, kebutuhan nutrisi ibu hamil dan ibu menyusui itu berbeda. Walaupun tujuannya tetap sama, yaitu membuat bayi sehat dan tidak stunting. Apa perbedaannya?.

Pada tahun 2019, menurut Badan Pusat Statistik, 1 dari 4 balita di Indonesia masih mengalami stunting. Lantas, kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk mencegah anak stunting? .

Penuhi asupan nutrisi harian dengan baik dan seimbang agar kesehatan ibu dan bayi tercukupi selama kehamilan..

Perempuan dengan kadar zat besi normal mengonsumsi sekitar 30 mg suplemen zat besi per harinya. Konsumsi zat besi yang rutin bertujuan untuk meminimalisir masalah kesehatan bagi dirinya dan janin dalam kandungan..

Biar generasi masa depan Indonesia bebas dari stunting, dan bisa bersaing dengan sumber daya manusia dari negara-negara lain!.

Saat hamil, stres yang dialami tidak hanya merugikan GenBest, tapi juga janin yang sedang dikandung..

Melahirkan memang proses yang melelahkan. Demi buah hati tercinta, yuk, pulihkan diri dengan asupan bernutrisi ini..

Apabila perempuan sedang hamil dan tidak mengonsumsi cukup makanan tidak hanya membahayakan diri sendiri, melainkan juga kesehatan janin..

Karena menyimpan ASI ternyata tidak bisa sembarangan begitu saja, agar nutrisi yang terkandung di dalamnya juga tetap terjaga..

Anemia bisa dialami siapa saja, bahkan batita. Jadi, kenali penyebabnya dulu, dan segera cari solusi untuk mencegahnya..

Saat hamil, ada banyak gangguan dan masalah. Hanya saja, kamu perlu mewaspadai 7 tanda ini yang berisiko membahayakan janin, bahkan nyawamu sendiri..

Gerakan senam hamil sepeti apa yang sebaiknya dilakukan oleh ibu hamil pada tiap-tiap trimester?.

Apalagi, kalau ini kehamilan pertama, GenBest tentu butuh informasi sebanyaknya biar kehamilan dan kelahiran dapat dijalani dengan sehat dan lancar..

Kenal, dong, dengan penyakit lemah, letih, lesu, lelah, dan lunglai, alias 5L. Dialah anemia, gangguan yang terjadi karena tubuh kekurangan sel darah merah..

Anemia bisa berbahaya bagi ibu hamil, karena dapat menyebabkan bayi gagal tumbuh dalam kandungan dan lahir prematur. Cari tahu apa saja gejalanya, agar bisa segera diobati!.

Yuk, cek kondisi dan kesehatan janin yang sedang GenBest kandung secara teratur.

Biar kesehatan GenBest selama kehamilan terjaga, dan janin dalam kandungan pun berkembang dengan baik, pastikan vitamin dan mineral ini terpenuhi bak dari makanan sehari-hari maupun suplemen, ya..

Selain pertambahan berat badan diri sendiri, GenBest yang sedang hamil juga perlu memantau pertambahan berat badan janinnya dengan baik..

Karena itu, amat dianjurkan GenBest memberi hanya ASI (eksklusif) sampai bayi berumur 6 bulan..

Segera setelah lahir, bayi sebaiknya langsung didekatkan ke payudara ibu agar bisa langsung menyusu. .

Konsultasi kehamilan adalah momen terbaik untuk menanyakan berbagai hal kepada ahlinya. .

Sedang hamil? Jangan lupa rutin melakukan pemeriksaan kehamilan dengan USG, ya, GenBest.

Karena ASI adalah makanan utama dan terbaik anak selama 6 bulan pertama sejak lahir, yuk, pastikan produksi ASI berkualitas, banyak, dan lancar..

Yuk, cukupi kebutuhan gizi pada 1.000 hari pertama kehidupan si kecil, dihitung dari masa kehamilan..

Sebuah studi menunjukkan hampir dua juta ibu hamil di Indonesia yang menderita anemia atau kekurangan darah. .

Tak hanya untuk dimasak tumis atau sayur kuah, jagung juga bisa diolah menjadi puding yang lezat. .

Salah satu sumber asam folat adalah sayuran yang memiliki daun berwarna hijau..

Tidak hanya berfungsi untuk membantu perkembangan janin, tapi juga bagi masa depannya. .

Tahukah Anda, nutrisi selama kehamilan dan dalam tahun pertama kehidupan seorang anak menjadi modal penting untuk perkembangan mereka?.

Ibu hamil membutuhkan sarapan yang bernutrisi sesuai dengan kebutuhannya.

Manfaat yang ibu hamil dapatkan dari sarapan, mulai dari menyeimbangkan kadar gula darah, mengurangi risiko gemuk, dan bahkan mencegah stunting.

Remaja di bawah 20 tahun kalau hamil belum siap secara psikis dan fisik..

Kecukupan berbagai zat gizi ditentukan dari apa yang dikonsumsi oleh ibu hamil.

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top