20 Sep

Kesiapan menikah tidak hanya soal lamanya pacaran saja. Berumah tangga adalah komitmen yang dibawa seumur hidup. Karena itu, agar tidak menyesal di kemudian hari, ada beberapa pertanyaan yang harus Genbest dan pasangan jawab bersama sebelum menikah.

 

Dari jawaban-jawaban yang muncul, kalian bisa mengetahui visi dan harapan masing-masing. Beda jawaban adalah wajar karena Genbest dan pasangan adalah dua individu yang unik dan memiliki banyak perbedaan, dari pola asuh, kebiasaan, adat, hingga keinginan di masa depan. Yang penting, bagaimana kalian menyikapi perbedaaan itu setelahnya. 

 

Baca Juga: 10 Daftar Persiapan Pernikahan Wajib Calon Pengantin

 

Nah, berikut ini dalah 5 pertanyaan yang bisa Genbest coba jawab bareng pasangan! 

 

1. Bagaimana keinginan setelah menikah? 

Pertanyaan ini bertujuan untuk menyelaraskan keinginan Genbest dan pasangan. Misal, setelah menikah ingin tinggal di mana? Beli rumah atau tinggal bersama orang tua? Jika ada perbedaan, diskusikan dengan baik, guna mencari jalan tengah.

 

Baca Juga: Persiapan Menikah: Genbest Calon Ibu yang Sehat Kah?

 

2. Bolehkah bekerja setelah menikah?

Tidak semua pria mengizinkan pasangannya untuk tetap bekerja seperti saat masih lajang. Untuk itulah kamu perlu tahu sebelum hal ini menjadi pemicu konflik rumah tangga kelak. Kalau pasangan tidak mengizinkan, namun Genbest tipe wanita aktif yang senang kesibukan, Genbest bisa menawarkan solusi, seperti membuka bisnis online, mencari pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah, dan sebagainya. 

 

3. Bagaimana pembagian kerja di rumah? 

Pembagian tugas rumah tangga kesannya sepele, namun bisa menjadi pemicu pertengkaran berkepanjangan saat menikah kelak. Jadi diskusikan pembagian pekerjaan rumah tangga dengan adil, seperti siapa yang bertanggung jawab mencuci baju, menyapu dan mengepel lantai, dan sebagainya. Jika pasangan enggan melakukan pekerjaan rumah, maka harus dicari jalan keluarnya, dengan menggunakan jasa asisten rumah tangga, misalnya.

 

Baca Juga: Apakah Tujuan Menikah adalah Mencari Kebahagiaan Saja?

 

4. Apa ekspektasi orang tua setelah menikah?

Ada beberapa orang yang melibatkan orang tua atau keluarga dalam pengambilan keputusan masalah rumah tangga nanti. Namun perlu diketahui, keluarga kita dengan keluarga pasangan biasanya memiliki kerangka acuan berbeda soal kehidupan berumah tangga. Jadi, lebih baik Genbest tanya dari awal, kira-kira apa ekspektasi calon mertua terhadap kamu dan sampai sejauh mana mereka dapat memengaruhi keputusan kalian nanti.

 

Baca Juga: 7 Tes Kesehatan yang Penting Dilakukan Sebelum Menikah

 

5. Ingin punya anak berapa?

Pertanyaan ini sangat penting, karena berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan anak-anak kelak, terlebih kalau Genbest ingin memiliki lebih dari satu anak. Ajukan pertanyaan seperti: berapa jumlah anak yang diinginkan? Berapa jarak antara anak pertama dan anak kedua? Terkait jarak  kehamilan, menurut WHO, satu anak dengan anak setelahnya yang ideal antara 18-24 bulan. Jarak ini akan memungkinkan si kakak mendapat ASI eksklusif sampai usia 6 bulan, lalu dilanjutkan dengan MPASI sampai 2 tahun.  Ingat, pemenuhan gizi anak selama masa 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) memiliki peran penting untuk tumbuh kembang anak-anak kamu yang optimal dan bebas stunting. 

 

Nah, selamat menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas bersama pasangan, ya!

 

Sumber: www.siapnikah.org  

 

Baca Juga: 7 Tanda Genbest dan Pasangan Siap Menikah

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top