14 Jul

Usia kehamilan 5 bulan dimulai ketika kehamilan memasuki minggu ke-21 hingga 24. Banyak yang bilang bulan ke-5 kehamilan termasuk bulan ternyaman bagi bumil. Mual muntah sudah menghilang, nafsu makan meningkat, dan perut ibu sudah mulai sedikit membesar, tapi belum terlalu besar sehingga bumil masih bisa bergerak dengan bebas. 

 

Umumnya, bobot janin pada usia kehamilan 5 bulan berkisar antara 360-600 gram, dengan panjang kurang lebih 26-30 cm. Selain fisik, perkembangan janin normal pada usia kehamilan 5 bulan menunjukkan tanda-tanda berikut ini:

 

1. Otaknya sedang berkembang

Pada akhir bulan kelima kehamilan, perkembangan otak bayi sedang tumbuh dengan pesat. Gelombang otaknya sudah mirip dengan pola bayi baru lahir. Untuk itu, penting bagi Genbest menstimulasi perkembangan otak anak sejak awal masa kehamilan.

 

Baca Juga: Panduan Makan Sehat untuk Ibu Hamil Muda Agar Janin Tetap Sehat

 

2. Bergerak lebih aktif

Saat kehamilan memasuki bulan ke-5, Genbest mungkin dikejutkan dengan gerakan bayi di dalam perut, seakan mereka sedang bermain bola di perut kita. Yap, si kecil sudah mulai bisa menendang dan mendorong perut dari dalam. Bagi Genbest yang belum merasakan gerakan ini, bersabar saja ya, tunggul tanggal mainnya.

 

3. Perkembangan indra pendengaran

Memasuki minggu ke-22 kehamilan, janin umumnya sudah bisa mendengar suara samar-samar dari dalam kandungan. Mereka mulai bisa mendengar suara pernapasan, detak jantung, dan suara pencernaan. Bahkan si kecil juga bisa mendengar suara dari luar rahim! Menariknya, ketika diajak berbicara mereka bisa menanggapinya, entah dengan cara berputar atau menendang.

 

Baca Juga: 7 Makanan Tinggi Kandungan Folat, Penting Bagi Ibu Hamil!

  

4. Organ pernapasan berkembang

Di akhir usia kehamilan 5 bulan, atau minggu ke-24, biasanya janin sudah tumbuh besar dan memiliki kantung pernapasan. Letaknya berada di ujung cabang terkecil dari paru-paru. Nantinya kantung ini akan digunakan sebagai tempat pertukaran oksigen dengan karbondioksida ketika si kecil lahir.

 

5. Indra pengecap mulai berkembang

Indra pengecap janin sudah mulai berkembang ketika ia memasuki usia kehamilan 5 bulan. Ia sudah mulai bisa merasakan makanan yang kita makan juga, loh! Ini terjadi karena makanan turut memberi rasa pada cairan ketuban yang akan menjadi cairan nutrisinya.

 

6. Wajah bayi mulai tampak

Saat memasuki usia kehamilan 5 bulan, bentuk wajah bayi sudah mulai sedikit lebih jelas, Genbest! Bagian alis dan kelopak mata bayi mulai terbentuk pada usia ini. Namun mereka belum berpigmentasi, jadi harus sabar untuk bisa langsung melihat wajahnya, ya.

 

Nah, itu sedikit gambaran tentang perkembangan si kecil yang memasuki bulan ke-5 kehamilan. Yang terpenting, jaga kesehatan ya Genbest, usahakan makan makanan yang bervariasi dan bergizi sehat, rajin kontrol rutin, dan tetap beraktivitas agar peredaran darah lebih lancar. 

 

Baca Juga: Mitos Seputar Ibu Hamil yang Justru Bikin Tidak Sehat

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top