28 Jul

Banyak yang salah sangka bahwa GTM (gerakan tutup mulut/sulit makan) hanya dialami anak-anak di atas 1 tahun. Kenyataannya, beberapa bayi usia 9 bulan, sudah menunjukkan aksi itu. Ketika disuapi, misalnya, dia akan melengos, melepeh, bahkan menangis. 

 

Genbest mungkin khawatir, mengingat usia 9 bulan termasuk dalam masa 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) yang merupakan masa pertumbuhan emas. Kita pun paham, kekurangan gizi pada periode golden ageini bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan, termasuk stunting. 

 

Dalam laman kesehatan Web MD dijelaskan, pada sekitar usia 9 bulan, banyak bayi mulai ingin menunjukkan kemandiriannya, salah satunya dengan menolak disuapi dan mulai pilih-pilih makanan. Pada kondisi seperti ini, ahli tidak menyarankan kita untuk menggunakan cara pemaksaanBersabarlah, seiring bertambahnya usia anak biasanya selera makan akan berubah semakin baik

 

Baca Juga: Hindari Stunting, Ini Caranya agar Anak Tidak Jadi Picky Eater

 

Lalu bagaimana mengatasi GTM pada bayi 9 bulan? Tips di bawah ini bisa Genbest coba:

 

1. Buat jadwal makan rutin

Jadwal makan yang rutin akan membuat bayi mengenal rasa kenyang dan lapar. Umumnya jadwal makan diatur setiap 2-3 jam sekali, yang dibagi menjadi tiga kali makan utama, dan dua kali camilanMisalnya, pukul 7 pagi untuk sarapan, pukul 9 makan camilan, pukul 12 siang makan siang, dan seterusnya.

 

2. Buat si kecil lapar

Saat si kecil tampak belum lapar, tak perlu memaksanya. Tunggu 10-15 menit, dan tawarkan kembali. 

 

3. Biarkan makan sendiri

Untuk mendukung keinginan si 9 bulan untuk mandiri, coba berikan ia sendok plastik saat Genbest menyuapinya. Ini akan membuat bayi belajar makan sendiri. Genbest juga bisa memberinya finger food, seperti ubi kukus, buah apel yang dipotong dadu, dan sebagainya.  Biarkan dia bereksplorasi dengan caranya sendiri.

 

Baca Juga: Cara Asyik Stimulasi Anak Saat Momen Makan

 

4. Cari menu baru

Salah satu penyebab GTM adalah bayi bosan dengan menu yang itu-itu saja. Karena itu, terkadang diperlukan kreativitas untuk mengolah MPASI bayi. Contoh, manfaatkan buah atau sayur yang warna-warni untuk mempercantik MPASI. Untuk rasa, coba tambahkan keju atau sedikit mentega untuk membuat MPASI lebih lezat. 

 

5. Ciptakan suasana yang menyenangkan

Tips terakhir, namun penting, selalu jadikan momen makan sebagai pengalaman yang menyenangkan bagi si kecil. Berikan bayi makanan sehat bergizi di mangkuk berbentuk lucu, misalnya, dan sekali lagi, hindari memaksa bayi. Ingat, pada saat ini Genbest sedang membangun pola makan si kecil yang akan dibawanya hingga ia besar nanti. 

 

Itulah beberapa tips mengatasi GTM pada bayi 9 bulan. Semoga artikel ini membantu, ya, Genbest!

 

Baca Juga: Anemia Defisiensi Besi Akibatkan Anak Mogok Makan

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top