24 Nov

Genbest apakah sedang mencoba mengenalkan makanan pendamping ASI (MPASI) pada si kecil? Jangan terkejut kalau di awal-awal pengenalan ini, si kecil melepeh makanannya. Penyebabnya bisa terkait beberapa hal, salah satunya lantaran refleks menjulurkan lidah bayi yang belum hilang. 

 

Refleks ekstrusi atau menjulurkan lidah ini adalah bagian normal dari perkembangan bayi dan akan hilang seiring waktu, biasanya di usia 4-6 bulan. Ini juga yang menjadi alasan kenapa MPASI dianjurkan diberikan pada usia 6 bulan karena dengan hilangnya refleks ekstrusi akan membantu bayi belajar makan dengan lebih lancar.

 

Lalu kenapa refleks menjulurkan lidah ini belum menghilang pada si kecil padahal usianya sudah 6 bulan? Tolong selalu diingat kalau setiap bayi berbeda. Jadi bila si kecil masih sering melepeh saat diberi MPASI, coba lagi dalam beberapa hari atau beberapa minggu. Genbest juga bisa membicarakan kondisi ini dengan dokter. Dalam banyak kasus, solusinya hanyalah bayi hanya perlu sedikit waktu untuk mempelajari keterampilan baru ini.

 

Baca Juga: Cara Mudah Menyiapkan MPASI untuk Ibu Super Sibuk  

 

Penyebab lain bayi melepeh MPASI-nya, bisa juga karena keterampilan oromotor (keterampilan mengunyah) yang belum terlatih. Sama seperti pada anak-anak yang lebih besar, yang perlu belajar untuk mengancingkan kemejanya atau menalikan sepatu, seorang bayi juga membutuhkan waktu untuk melatih lidah, mulut, dan rahangnya untuk makan dengan baik. Tanpa latihan yang cukup, bayi akan sering melepeh atau justru mengemut makanannya. Untuk melatih keterampilan oromotor bayi, Genbest bisa membaca di sini.

 

Hal lain yang juga kerap dikaitkan dengan masalah melepeh di fase awal MPASI adalah keterampilan sensoris si kecil yang belum terasah. Pada awal-awal pengenalan MPASI, si kecil mungkin belum terbiasa dengan rasa, bau, atau tekstur MPASI.  Karena merasa “aneh”, mereka lantas berusaha melepeh atau memuntahkan MPASI begitu MPASI menyentuh mulutnya. Untuk meningkatkan keterampilan sensoris bayi, Genbest bisa baca: Stimulasi Sensoris & Keberhasilan Pemberian MPASI

 

Nah jadi bila ada pertanyaan: wajarkah si kecil suka melepeh makanan di fase awal MPASI-nya? Sangat wajar, karena itulah diperlukan ketelatenan Genbest untuk melatihnya. Namun bila berbagai upaya yang Genbest lakukan tidak berhasil membuat si kecil makan MPASI-nya dengan lebih baik, jangan ragu untuk mengonsultasikannya pada dokter, ya!

 

Baca Juga: Panduan Makan Bayi 7 Bulan, Mudah dan Bermanfaat

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top