25 Nov

Sebagai calon ibu, kondisi kesehatan Genbest sebelum menikah berperan besar dalam menentukan masa depan sang calon buah hati. Dengan kata lain, kondisi kesehatan Genbest saat ini dapat memengaruhi masa depan si kecil kelak. 

 

Masalahnya, tidak sedikit calon ibu yang memasuki masa kehamilan dengan kondisi malnutrisi. Jika dibiarkan, status gizi tidak normal dapat meningkatkan risiko gangguan kehamilan. Mulai dari berat badan lahir rendah (BBLR), lahir prematur, hingga meningkatkan risiko stunting. 

 

Itu sebabnya, melakukan persiapan kehamilan sehat sejak sebelum menikah penting dilakukan oleh calon pengantin. Lantas, apa saja persiapan yang harus dilakukan agar menciptakan keluarga yang sehat dan jauh dari risiko stunting?

 

Baca Juga: Ini Manfaatnya Calon Pengantin Ikut Konseling Pranikah

 

Selengkapnya, berikut 5 tips persiapan kehamilan sehat agar jauh dari risiko stunting:

 

1. Kehamilan yang terprogram

Rencana kehamilan terprogram membantu Genbest dan pasangan menyambut kehamilan yang sehat. Ada beberapa hal yang perlu didiskusikan saat merencanakan kehamilan. Seperti menentukan waktu yang tepat memiliki anak, mengatur jarak kehamilan, dan merencanakan jumlah anak yang diinginkan.

 

Baca Juga: Persiapkan ini Sebelum Tes Kesehatan Pranikah

 

2. Menjaga berat badan ideal

Kelebihan maupun kekurangan berat badan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan saat hamil. Maka, satu tips mempersiapkan kehamilan sehat yang perlu diperhatikan calon ibu adalah menjaga berat badan ideal. Genbest bisa menggunakan perhitungan Indeks Massa Tubuh (IMT) untuk mengetahui ideal tidaknya berat badan kita. Begini klasifikasi IMT yang perlu diperhatikan:

  • IMT kurang dari 18,5: Kurang berat badan.
  • IMT 18,5-24,9: Berat badan normal.
  • IMT 25-29,9: Kegemukan.
  • IMT 30 dan lebih besar: Obesitas.

 

Baca Juga: Persiapan Menikah: Genbest Calon Ibu yang Sehat Kah?

 

3. Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang

Tips persiapan kehamilan sehat berikutnya: mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang setiap hari. Alasannya, makanan sehat dapat membuat sel telur berovulasi lebih teratur, sehingga meningkatkan peluang kehamilan.

 

Selalu konsumsi makanan bergizi seimbang kaya protein hewani. Seperti olahan daging ayam, daging sapi, telur, maupun ikan. Jangan lupa juga menambahkan beberapa sayuran, buah-buahan, biji-bijian, serta berbagai produk olahan susu, ya, Genbest!

 

4. Penuhi kebutuhan zat besi

Jika dibiarkan, anemia dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur dan stunting. Oleh karena itu, pastikan Genbest selalu memenuhi kebutuhan zat besi harian untuk mempersiapkan kehamilan sehat. 

 

Penuhi kebutuhan zat besi harian dengan mengonsumsi makanan kaya zat besi. Seperti daging merah, bayam, dan brokoli. Genbest juga disarankan mengonsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) minimal 1 bulan sebelum merencanakan kehamilan.

 

5. Mengonsumsi asam folat

Disarankan untuk mengonsumsi asam folat setidaknya 6 bulan sebelum merencanakan kehamilan. Asupan asam folat berfungsi untuk mencegah bayi lahir dengan cacat tabung saraf. Selain minum suplemen, asam folat harian bisa dipenuhi dari beberapa sayuran, seperti brokoli, kacang hijau, dan kentang. 

 

Baca Juga: Kenapa Asam Folat Perlu Diminum Sebelum Menikah?

 

6. Melakukan vaksinasi

Terakhir, pastikan Genbest sudah melakukan vaksinasi sebelum mempersiapkan kehamilan. Hal ini bertujuan untuk melindungi kesehatan dari berbagai macam penyakit yang dapat menyerang saat memasuki masa kehamilan. 

 

Beberapa vaksin yang perlu dipenuhi sebelum hamil antara lain: vaksin MMR (Measles, Mumps, dan Rubella), vaksin Varisela, vaksin Pneumokokus, vaksin Hepatitis A dan B, serta vaksin Tetanus Toksoid (TT).

 

Baca Juga: 5 Vaksin Penting bagi Calon Pengantin Wanita

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top