6 Dec

Manfaat IMD atau  Inisiasi Menyusu Dini sudah tidak terbantahkan lagi. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), IMD yang dilakukan dalam waktu satu jam setelah bayi lahir dapat melindungi bayi baru lahir dari infeksi, bahkan mengurangi kematian bayi baru lahir. IMD juga berguna untuk ikatan emosional ibu dan bayi, serta memiliki dampak positif pada durasi pemberian ASI eksklusif sehingga bayi pun bisa tumbuh optimal dan jauh dari risiko stunting. 

 

Bagi Genbest yang harus melahirkan secara caesar karena satu dan lain hal, tak perlu khawatir karena Genbest tetap bisa menjalani IMD. Menurut  buku Inisiasi Menyusui Dini & Asi Eksklusif, yang ditulis bidan senior Ida Ayu Putu Widiartini, A.Md., Keb, IMD pasca persalinan caesar sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan proses persalinan normal.

 

Namun memang tetap ada beberapa hal yang perlu disesuaikan dengan kondisi operasi yang sedang dilakukan. Bagi Genbest yang akan melakukan operasi caesar, ada beberapa prosedur IMD yang perlu diperhatikan.

 

Baca Juga: Ini Waktu Terbaik Melakukan IMD dan Prosesnya

 

Tahapan IMD Pasca Operasi Caesar

IMD setelah proses persalinan caesar bisa dilakukan di ruang operasi dengan bantuan tim medis. Namun sebelum mengetahui prosedur IMD pasca-caesar, Genbest perlu tahu dulu ada dua tipe bius operasi caesar, yakni bius anestesi atau bius setengah badan dan bius total.

 

Untuk ibu yang kondisinya baik setelah operasi caesar, IMD bisa dilakukan bersamaan saat luka caesardijahit oleh dokter. Sementara bagi ibu yang mendapat bius total karena adanya indikasi medis, IMD ditunda 30 menit setelah ibu sadar dan kondisinya dinilai baik oleh dokter.

 

Tahap-tahap IMD pasca operasi caesar dimulai setelah si kecil lahir dan dikeringkan seperlunya oleh dokter tanpa menghilangkan vernix (kulit putih).  Kemudian bayi ditengkurapkan di dada atau perut ibu dengan posisi kulit bayi melekat langsung pada kulit ibu. Namun pada kondisi pasca operasi caesar, posisi peletakan bayi dimiringkan agar tidak mengganggu proses penjahitan. 

 

Sementara itu, perawat atau anggota keluarga membantu menjaga agar posisi bayi tidak jatuh atau terguling. Selama ditengkurapkan bayi dibiarkan untuk mencari sendiri puting ibu. Selanjutnya proses yang dilakukan dalam perawatan bayi sama seperti melahirkan secara normal.

 

Jika proses IMD dilakukan di ruangan operasi, suhu ruangan akan diatur antara 20-25 derajat Celsius bila memungkinkan. Jika tidak, si kecil bisa dipakaikan topi atau selimut khusus bayi untuk menghindari bayi dari hipotermia.

 

Nah, melihat prosedur ini Genbest yang akan melahirkan secara caesar tidak perlu khawatir, kan? Kita tetap bisa melakukan IMD pada si kecil, kok!

 

Baca Juga: IMD dan ASI Eksklusif Bisa Mencegah Stunting

 

Persiapan Ibu sebelum IMD Operasi Caesar

Dikutip dari Kompas.com ada beberapa persiapan yang perlu disiapkan ibu sebelum menjalani operasi caesar dan IMD. 

 

Pertama, persiapan fisik dan mental. Pastikan gizi selama masa kehamilan terpenuhi, agar kesehatan tubuh ibu terjaga dan bisa melakukan IMD.

 

Kedua, libatkan suami untuk mendukung proses ASI eksklusif sejak awal kehamilan. Hubungan yang suportif ini dapat menambah kepercayaan diri ibu.

 

Terakhir, diskusikan dengan tenaga medis sebelum melakukan IMD. Hal ini penting untuk mengetahui kebijakan atau prosedur rumah sakit mengenai IMD di ruang operasi.

 

Dengan mematuhi prosedur di atas, rencana IMD menjadi lebih mungkin dilakukan. Semoga berhasil, Genbest!

 

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Diketahui Tentang Inisiasi Menyusu Dini  

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top