18 Jun

Pastinya GenBest tahu dong, dalam upaya cegah stunting dan mewujudkan bayi sehat dimulai dari memenuhi kebutuhan nutrisi harian sejak masa 1.000 hari pertama kehidupan? Salah satu caranya dengan mengonsumsi makanan yang beragam dan bergizi seimbang, termasuk yang mengandung vitamin dan mineral, seperti sayur-sayuran. Setidaknya, dalam satu hari GenBest harus penuhi kebutuhan sayuran sebanyak 250-500 gram. 

 

Mengonsumsi sayuran tidak hanya sekadar untuk memenuhi nutrisi untuk GenBest dan keluarga, sayuran juga berfungsi sebagai antioksidan yang meningkatkan imunitas tubuh kita. Jadi, sangat pas di tengah pandemi COVID-19 sebagai salah satu upaya pencegahan.

 

Nah, ternyata ada fakta menarik lainnya dari sayuran yang biasa kita konsumsi. Mungkin selama ini kita selalu mengidentikan sayuran selalu berwarna hijau, padahal sayuran ada banyak warna. Menariknya lagi, setiap warna sayuran memiliki manfaatnya tersendiri.

 

Penasaran, GenBest? Ini dia manfaat sayuran yang dibagi berdasarkan warnanya. 

 

Sayuran Warna Hijau

Warna yang paling umum kita temui. Sayuran berwarna hijau merupakan sumber karoten dan antioksidan. Semakin hijau warna sayurnya, semakin tinggi kandungan karoten, vitamin C, asam folat, dan mineralnya, GenBest. 

 

Ada banyak manfaat dari sayuran berwarna hijau. Mulai dari meningkatkan imunitas tubuh, menghambat pertumbuhan sel kanker, hingga melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker. Ditambah, dengan adanya kandungan zat besi pada sayuran hijau dapat mencegah anemia pada remaja putri

 

Sayuran berwarna hijau bisa dengan mudah GenBest dapat, seperti bayam, kangkung, brokoli, atau daun kelor yang sangat bermanfaat mencegah anemia.

 

Sayuran Warna Ungu

Sayuran berwarna ungu tak kalah kaya manfaat. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, sayuran berwarna ungu sangat bagus untuk tubuh karena mengandung antosianin. 

Antosianin merupakan salah satu kandungan yang dapat menangkal radikal bebas. Zat tersebut dapat melindungi sel-sel tubuh agar tetap sehat, mencegah penyakit lambung, sakit jantung, alergi, hingga diabetes tipe 2. Antosianin dalam sayuran berwarna ungu juga dipercaya dapat meningkatkan memori otak.

 

Untuk beberapa hal, sayuran berwarna ungu juga lebih unggul dari sayuran hijau. Contoh,  kubis ungu memilliki 6-8 kali lebih banyak vitamin C dibanding kubis hijau. Selain kubis ungu, GenBest bisa coba mengonsumsi terong ungu untuk menjaga kesehatan.

 

Sayuran Warna putih 

Jenis sayuran tidak berpigmen ini ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Biasanya, sayuran berwarna putih mengandung vitamin E, kalsium, dan zat allicin. Salah satu manfaat sayuran berwarna putih adalah mengontrol kadar kolesterol dan tekanan darah kita, GenBest. 

Sayuran berwarna putih juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan meningkatkan imunitas tubuh serta dipercaya bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

 

Sayuran Warna Kuning

Sayuran berwarna kuning dikenal dengan kandungan karoten dan bioflavonoid yang dapat mengurangi peradangan akibat radikal bebas. Kandungan tersebut juga dapat mencegah penyakit katarak, jantung koroner, hingga stroke.

 

Tebak, apa saja sayuran yang berwarna kuning? Ada banyak jenis sayuran berwarna kuning yang bisa GenBest temukan, misalnya jagung, bit kuning, atau paprika kuning. Jadi jangan lupakan masukkan ke menu makananmu, ya!

 

Sayuran Warna Oranye

Pasti GenBest sering mengonsumsi salah satu sayuran berwarna oranye yang paling populer. Yap, wortel. Hampir sama seperti wortel, sebagian besar sayuran berwarna oranye mengandung beta-keroten yang bisa diolah menjadi vitamin A. 

 

Fungsinya? Tentunya saja meningkatkan kesehatan mata. Tapi, nggak hanya vitamin A saja, sayuran berwarna oranye juga kaya kandungan vitamin B kompleks (folat). Salah satu manfaat folat adalah membantu mencegah anemia.

 

Baca juga: Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

 

Sayuran Warna Merah

Terakhir yang tidak boleh ketinggalan adalah sayuran berwarna merah. Pasti GenBest juga nggak kalah familiar dong, dengan sayuran berwarna merah? Yap, benar banget; tomat, bayam merah, lobak merah, bit, dan paprika merah.

 

Ternyata, sayuran warna merah memiliki segudang manfaat, dari kandungan flavonoid, resveratrol, dan kandungan vitamin A dan E di dalamnya. Selain itu, kandungan likopen di dalam sayuran warna merah juga dapat berfungsi sebagai antioksidan.

 

Manfaat sayuran berwarna merah dapat melindungi pembuluh darah, hingga melawan penyakit jantung hingga kanker. Bahkan, sayuran berwarna merah tidak hanya tinggi serat, tapi juga mengandung 10-50 kalori di dalamnya.

 

Jadi, jangan lupa siapkan menu makan GenBest dan keluarga dengan sayuran beraneka warna, ya!

 

Baca Juga: Makanan Kaya Nutrisi Memaksimalkan Kinerja Otak Anak

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top