16 Jul

Pada saat pandemi ini, Genbest yang sedang menyusui biasanya akan lebih rajin makan banyak buah dan sayuran yang tinggi vitamin C untuk meningkatkan imunitas tubuh guna menangkal serangan virus. Saking banyaknya, Genbest mungkin khawatir asupan vitamin C di tubuh berlebih dan bisa berdampak buruk pada si kecil. 

 

Baca Juga: Ingin KB Alami dengan Menyusui? Ini Syaratnya

 

Secara umum, kelebihan vitamin C tidak akan membahayakan bayi, kok, Genbest. Vitamin C memiliki sifat larut air sehingga mudah dikeluarkan oleh tubuh melalui urine. Jangan lupa, tubuh tidak dapat membuat vitamin C,  jadi vitamin ini memang harus didapat dari luar, salah satunya dari makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. 

 

Jadi mantapkan diri untuk terus makan banyak makanan sumber vitamin C. Karena selain dapat membantu menguatkan imunitas tubuh, vitamin C juga bermanfaat untuk membantu proses penyerapan zat besi dalam tubuh Genbest. Perlu diingat, ibu menyusui membutuhkan zat besi untuk memproduksi sel darah merah sekaligus mencegah anemia.

 

Terkait vitamin C dapat melancarkan ASI, belum ada penelitian soal ini, namun beberapa ibu menyusui mengaku produksi ASI-nya meningkat saat mengonsumsi makanan kaya vitamin C.  

 

Baca Juga: 7 Tips Persiapan Menyusui agar ASI Eksklusif Berjalan Lancar

 

Kebutuhan Vitamin C Ibu Menyusui

Lalu bolehkan busui minum suplemen vitamin C dosis tinggi? Beberapa ibu menyusui terkadang memang tidak mendapatkan vitamin C yang cukup melalui makanan, sehingga membutuhkan tambahan dari suplemen. Yang perlu diketahui, kebutuhan vitamin C busui sebenarnya “hanya” 120 miligram per hari. Sementara suplemen vitamin C dosis tinggi bisa  mencapai 1.000 miligram. 

 

Meski begitu, penelitian American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan ibu menyusui yang mengonsumsi lebih dari 1.000 miligram vitamin C tidak mengalami peningkatan kadar vitamin C pada ASI yang dihasilkan dan tidak ada laporan terkait efek samping vitamin C dosis tinggi yang dikonsumsi busui pada bayinya.

 

Namun tentu yang terbaik, sebelum mengonsumsi suplemen apa pun (termasuk vitamin C dosis tinggi) Genbest mengonsultasikannya kepada dokter sehingga kamu bisa mendapat saran terbaik untuk Genbest dan si kecil. 

 

Baca Juga: 5 Buah Tinggi Vitamin C yang Membantu Penyerapan Zat Besi

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top