27 Jun

Pandemi COVID-19 belum sepenuhnya berakhir. Menjaga imunitas tubuh di era new normal menjadi penting karena akan membuat tubuh kita lebih terlindungi dari serangan virus begitu kembali beraktivitas. Mengonsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan, merupakan salah satu jalan membangun daya tahan tubuh yang lebih kuat. 

 

Baca Juga: Cegah COVID-19 pada Anak, Begini Tips agar Anak Mau Makan Sayur dan Buah

 

Nah, supaya lebih sehat nih GenBest, coba deh makan buah-buahan dengan kelompok warna yang berbeda-beda. Ini menjadi cara mudah untuk mendapatkan rangkaian lengkap vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Karena masing-masing warna buah akan menyimpan khasiatnya sendiri-sendiri.

 

Buah berwarna hijau

GenBest pastinya cukup familiar dengan buah berwarna hijau. Yaa, sebut saja anggur hijau, apel malang, melon, atau kiwi. Buah berwarna hijau memiliki kandungan fitonutrien, seperti antioksidan, karotenoid, dan flavonoid yang dapat membantu menghambat pertumbuhan kanker. Buah berwarna hijau juga tinggi serat dan kaya vitamin yang membuat pencernaan menjadi lancar dan imunitas tubuh meningkat.

 

Buah berwarna merah

Buah berwarna merah seperti apel, semangka, tomat, stroberi, hingga anggur merah memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan zat flavonoid. Manfaatnya? Mulai dari menurunkan kadar kolesterol hingga menjaga kesehatan organ hati. Buah berwarna merah juga memiliki kandungan likopen yang berfungsi sebagai antioksidan yang baik yang mampu melindungi pembuluh darah dan melawan penyakit jantung dan kanker.

 

Buah berwarna kuning

Pisang, jeruk, nanas, dan lemon adalah contoh beberapa buah berwarna kuning. Kandungan betakaroten pada buah berwarna kuning bermanfaat untuk penyerapan vitamin A dalam tubuh agar lebih baik. Lalu ada vitamin B kompleks yang mampu menjaga kesehatan hati dan tidak lupa, kandungan antioksidan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

 

Buah berwarna oranye

Hampir sama dengan warna kuning, buah berwarna oranye memiliki manfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Buah berwarna cerah ini memiliki kandungan vitamin C yang dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Vitamin B kompleks, termasuk folat yang ada di dalamnya bermanfaat mencegah cacat pada janin. 

 

Baca Juga: Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

 

Buah berwarna biru

Meskipun jarang terdengar, buah berwarna biru, seperti blueberry dan anggur concord, dipercaya dapat menangkal berbagai penyakit. Kandungan zat antosianin-nya yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, misalnya. Buah berwarna biru juga punya kandungan zat besi yang bisa mengatasi anemia. Antioksidan pada buah berwarna biru juga mampu membantu meningkatkan sistem imun dan melindungi otak kita dari kerusakan. 

 

Buah berwarna ungu

Buah berwarna gelap dan cantik, seperti blackberry, plum, dan anggur ternyata tinggi vitamin yang menyimpan banyak manfaat. Menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah, hingga menghambat sel kanker pada tubuh adalah beberapa di antaranya. Selain itu, buah berwarna ungu juga dapat melancarkan pencernaan, karena kaya akan serat. Tidak kalah penting, buah berwarna ungu salah satu sumber vitamin A dan C, yang berfungsi menjaga kekebalan tubuh kita di tengah pandemi COVID-19 saat ini.

 

Baca Juga: Manfaat Sayuran Berdasarkan Warnanya

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top