WHO mengeluarkan panduan menggunakan masker khusus anak-anak. Yang wajib memakai masker hanya anak 12 tahun ke atas, lalu bagaimana dengan yang lain. Silakan baca panduannya di sini. .

Stimulasi memang penting bagi tumbuh kembang anak, tapi bagaimana kalau jadinya overstimulasi? Apakah hal ini bisa berdampak buruk pada anak?.

Setiap bulan Agustus dan September ada agenda imunisasi measles rubella di seluruh wilayah Indonesia. Pemberian vaksin ini penting sekali untuk anak-anak. Mengapa?.

Sejak kecil, kita selalu diberi tahu untuk minum susu agar cepat tinggi. Lantas, benar nggak sih, minum susu bikin anak tumbuh lebih tinggi? Ini faktanya..

Mengetahui jumlah kosakata si kecil yang sesuai usianya sangat penting untuk mendeteksi risiko speech delay. .

Meletakkan tangan pada dahi atau leher adalah metode pengukuran suhu yang banyak digunakan orang. Padahal cara ini kurang akurat, lho. Ini cara mengukur suhu yang akurat..

Sama-sama membuat tinggi anak tidak maksimal, tapi keduanya memiliki kondisi berbeda, lho..

Memantau tumbuh kembang anak sekarang sudah sangat mudah dengan menggunakan aplikasi “Anak Sehat” dari GenBest. Ada banyak fitur menarik di dalamnya, lho!.

Jika saat ditimbang berat badan anak tidak kunjung naik, apakah menandakan ia gagal tumbuh?.

Mengonsumsi makanan sehat perlu diterapkan sedini mungkin agar tumbuh kembang anak optimal dan bisa menjauhkannya dari risiko stunting. Kedengarannya memang mudah, tapi prakteknya penuh tantangan. Coba ikuti tips di artikel ini. .

Stunting tidak hanya berpengaruh pada tinggi badan. IQ seorang anak juga dipengaruhi oleh gangguan pertumbuhan yang satu ini. Lantas, apa yang membuat anak stunting memiliki IQ rendah?.

Anemia bisa menyerang siapa saja, bayi, anak-anak, remaja putri, hingga ibu hamil. Salah satu cara mengatasinya dengan mengonsumsi makanan dan minuman tinggi zat besi. Apakah susu salah satunya?.

Meskipun sangat penting bagi kesehatan, namun asupan zat besi berlebihan juga tidak baik. Penumpukan zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit..

Selain karena chubby, anak gemuk dianggap sebagai cukup gizi. Padahal anak gemuk masih berisiko terkena stunting, lho. .

Yuk, cari tahu lebih lanjut berbagai hal seputar Anemia Defisiensi Besi lewat infografis ini..

Pada periode emas masa pertumbuhan anak, berat badan yang begitu rendah bisa memiliki dampak negatif, tidak hanya pada kesehatan fisik anak, namun juga perkembangan otaknya..

Mengajarkan perilaku hidup bersih dan sehat harus dimulai sejak usia balita sehingga anak akan lebih sehat dan tidak mudah terkena berbagai macam penyakit..

Memberikan MPASI Instan pada bayi itu boleh, namun perhatikan beberapa hal di bawah ini, ya..

Kita sering mendengar kalau anak yang sering berolahraga akan lebih tinggi dibandingkan teman seusianya. Benarkah? Apa cuma mitos?.

Anak yang suka pilih-pilih makanan memang bikin khawatir. Coba bagaimana kalau sampai mengganggu tumbuh kembangnya, apalagi mengalami stunting? Duh, jangan sampai ya GenBest. .

Karena harus #DiRumahAja, memesan makanan secara online sudah menjadi rutinitas saat ini. Tapi, bagaimana cara agar nutrisi si kecil tetap terpenuhi, ya?.

Anak-anak ternyata juga merupakan kelompok yang rentan terpapar COVID-19. Untuk itu, penting melakukan langkah pencegahan COVID-19..

Salah satu upaya cegah tertular COVID-19 adalah dengan makan sayur dan buah secara rutin. Lantas, bagaimana membiasakan si kecil mengonsumsi sayur dan buah?.

Stunting dapat dicegah dengan memperhatikan kuantitas dan kualitas protein yang dikonsumsi balita. Protein berkualitas tinggi bisa didapat dari sumber hewani, seperti daging sapi, ayam, ikan, telur dan susu..

Ikan tinggi protein dan kaya nutrisi. Namun cara pengolahan yang tidak tepat, justru bisa menghilangkan kandungan nutrisinya, lho..

Pertumbuhan anak yang menderita stunting masih dapat dikejar dengan catch up growth..

BAB sembarangan tidak hanya merusak keindahan, tetapi juga menurunkan kualitas kesehatan lingkungan. Masalah yang akan timbul adalah stunting. Apa hubungannya?.

Buah super dengan banyak kandungan gizi ini bisa kita manfaatkan untuk mendukung tumbuh kembang si kecil dalam periode emas pertumbuhannya..

Selama ini banyak yang beranggapan stunting dan cebol adalah kondisi yang sama. Padahal keduanya berbeda dari berbagai aspek. .

Yuk, manfaatkan masa-masa di rumah saja untuk menstimulasi tumbuh kembangnya, lewat permainan edukatif yang menyenangkan.

Obat cacing tidak hanya diberikan pada anak yang menderita cacingan, lho. Kalau si kecil berusia 1-5 tahun, dia mungkin juga memerlukannya. Kenapa? .

Saat usia 1 tahun anak telah berkembang dengan menakjubkan. Kita wajib memahami perkembangan fisik dan psikis anak umur 1 tahun untuk memastikan kondisi buah hati..

Cacingan bisa meningkatkan risiko anak terkena stunting. Yuk cari tahu lebih detail tentang hubungan cacingan dan stunting, GenBest..

Apa, sih, hormon pertumbuhan dan bagaimana cara memaksimalkan tinggi anak dengan hormon pertumbuhan?.

Siapa pun akan rentan terkena flu, termasuk anak-anak. Lantas, bagaimana mengantisipasi hal ini? Apakah vaksin flu untuk anak memang diperlukan?.

Setiap anak unik dan memiliki waktu masing-masing untuk tumbuh. Namun, ada gambaran umum untuk melihat perkembangan anak umur 2 tahun..

Agar perkembangan anak di periode emasnya berjalan baik dan optimal, ada beberapa area penting yang harus diperhatikan, GenBest..

Hampir setiap anak pernah mengalami diare. Namun tahukah GenBest kalau diare yang terlalu sering dapat meningkatkan risiko stunting pada anak?.

Stunting merupakan salah satu gangguan tumbuh kembang yang menyebabkan anak memiliki perawakan pendek. .

Dengan pertumbuhan otak yang pesat di 1.000 hari pertama kehidupannya, si kecil perlu mendapatkan “vitamin otak”. Seperti apa?.

Menurut riset, tidur nyenyak dan olahraga dapat merangsang pelepasan hormon pertumbuhan anak..

Siapa sangka, menjaga kebersihan mulut dan gigi termasuk cara mencegah stunting lewat perilaku higienis. Apa hubungan stunting dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut?.

Anemia biasanya terjadi karena kekurangan zat besi. Apa tanda-tanda anemia pada anak?.

Stunting merupakan suatu kondisi yang bisa dicegah sejak dari masa kehamilan ataupun ketika bayi lahir hingga 1000 hari pertamanya, karena itu adalah saat yang paling bagus untuk tumbuh kembangnya..

Melalui Kartu Menuju Sehat (KMS), orang tua bisa mengecek dan memantau status gizi anak agar sesuai tumbuh kembangnya..

Melalui pemberian MPASI dengan menu empat bintang diharapkan dapat mencegah anak mengalami kekurangan gizi baik makro maupun mikro. .

Dengan adanya program kesehatan dan perbaikan nutrisi yang dilakukan oleh posyandu bisa memberikan dampak signifikan bagi status gizi anak. .

Malnutrisi dan stunting kerap kali disalahartikan sebagai dua hal yang sama. Namun sebenarnya, kedua hal itu adalah kondisi yang berbeda. .

Biar generasi masa depan Indonesia bebas dari stunting, dan bisa bersaing dengan sumber daya manusia dari negara-negara lain!.

Cari tahu di artikel ini, agar kekebalan tubuh anak lengkap melindungi dari berbagai penyakit infeksi..

Salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk menghindari stunting..

Sampai umur berapa si kecil hanya boleh diberi ASI saja?.

Apa saja, sih, yang harus diperhatikan di masa emas itu?.

Cari tahu definisinya, biar tidak salah duga..

Karena anak yang kurang menerima asupan makan sehat akan berisiko besar mengalami kekurangan gizi, yang lama-lama bisa menyebabkan stunting..

Anemia bisa dialami siapa saja, bahkan batita. Jadi, kenali penyebabnya dulu, dan segera cari solusi untuk mencegahnya..

Sebelum memulai intensif untuk toilet training, sebaiknya Anda segera menyingkirkan semua hal-hal yang dapat mengalihkan perhatian anak maupun perhatian Anda sendiri..

Mengajari anak cuci tangan perlu effort lebih, tapi bukan berarti sulit, asalkan konsisten dan dengan cara menyenangkan, anak-anak pun akan terbiasa..

Ini salah satu nutrisi penting bagi anak untuk tumbuh kembang sehat dan normal, GenBest. Yuk, cari tahu lebih lanjut!.

Asal GenBest tahu, anak yang nutrisinya cukup dapat tumbuh sehat dan beraktivitas serta pintar bergaul dibanding anak yang nutrisinya kurang tercukupi..

Yuk, pastikan kecukupan vitamin A si kecil terpenuhi, di Bulan Vitamin A ini. Diberikan secara gratis, lho!.

Seperti apa, sih, konsep “Isi Piringku” yang dicanangkan oleh Kemenkes ini, untuk baduta dan batita? Yuk, simak penjelasannya di sini..

Meski digunakan dokter untuk memantu pertumbuhan anak, tapi sebagai orang tua, GenBest juga perlu tahu cara membaca Kartu Menuju Sehat (KMS)..

Kebanyakan anak yang diare tidak perlu ke dokter, tapi jangan juga dibiarkan, karena kalau tidak diatasi dan terus-menerus dialami, bisa menyebabkan stunting..

Perilaku BAB yang tidak tepat dan keberadaan jamban yang tidak sehat bisa menjadi ajang penularan kuman dan menimbulkan berbagai penyakit..

Beberapa hal ini perlu diperhatikan untuk memastikan, apakah si kecil yang kurus memang kekurangan gizi atau sehat..

Lewat permainan, si kecil juga bisa mengembangkan kecerdasannya, lho! Ini 5 bentuk permainannya..

Tenang, kamu tidak sendirian menghadapi masalah makan anak ini. Untuk itu, ketahui dulu penyebanya anak sulit makan, lantas cari solusi untuk mengatasinya..

Ini penting diketahui, karena kemampuan duduk berkaitan erat dengan kemampuan makan makanan padat, untuk mendampingi ASI yang selama 6 bulan pertama, jadi sumber pemenuhan gizi bayi..

Jangan anggap remeh anemia, karena gangguan kesehatan ini berkaitan dengan kecerdasan anak dan remaja..

Lihat rumusnya di infografis ini, lalu lakukan pengukuran secara rutin..

Kebiasaan sehat ini bisa diterapkan sejak usia dini, kok. Begini langkah-langkahnya. .

Faktor keturunan memang tidak bisa diperbaiki, tapi bukan berarti kita tak bisa lebih tinggi dari orang tua, lho .

Diare masih jadi penyebab nomor dua kematian terbanyak pada balita di Indonesia setelah pneumonia..

Ayah memiliki tanggung jawab yang setara dengan ibu dalam mengasuh anak dan melakukan pekerjaan rumah tangga.

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top