27 Aug

“Ayo, minum susu dulu biar cepat tinggi.” GenBest pasti sering mengucapkan kalimat tersebut pada si kecil, kan? Ya, paling tidak sebelum tidur malam. Memang, sejak dulu kita diajarkan untuk rutin minum susu supaya cepat tinggi.

 

Apalagi sekarang banyak varian susu yang menawarkan membantu mengoptimalkan tubuh anak agar lebih tinggi. Namun, apa benar minum susu bisa buat anak lebih tinggi? Memang apa saja kandungan pada susu sehingga bisa membuat anak tumbuh lebih tinggi?

 

Baca Juga: Susu Pertumbuhan Bisa Bantu Tekan Angka Stunting

 

Kandungan gizi pada susu

Sebelum menarik kesimpulan benar tidaknya susu membuat anak lebih tinggi, lebih baik kita kenali dulu kandungan penting dalam susu. Susu memang kaya nutrisi yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Misalnya kandungan protein dan kalsium yang tinggi.

 

Kedua kandungan tersebutlah yang memiliki peran dalam mendukung dan mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Belum lagi kalau GenBest melihat banyaknya kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam susu. Mulai dari vitamin A, B, C, D, E, K, hingga mineral lainnya seperti: magnesium, fosfor, dan banyak lagi.

 

Nah, kandungan-kandungan itu yang bekerja di dalam tubuh si kecil. Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan jantung, mencegah diabetes, memperkuat tulang dan gigi, hingga merangsang pertumbuhan buah hati.

 

Kalau kita lihat dari kandungan dan manfaatnya, rasanya sangat tidak mungkin susu tidak dapat membantu anak tumbuh tinggi, ya? Lalu, seberapa efektif susu membantu dan mengoptimalkan tubuh anak lebih tinggi?

 

Baca Juga: Cara Merangsang Hormon Pertumbuhan untuk Memaksimalkan Tinggi Anak

 

Susu membantu anak tumbuh lebih tinggi?

Rutin minum susu memang dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak, dan membantu anak untuk mencapai tinggi maksimalnya. Ada penelitian yang menyebutkan anak yang minum susu akan memiliki tubuh yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak.

 

Namun, GenBest harus ingat kalau ini akan efektif di usia anak-anak dan remaja saja. Karena saat dewasa pertumbuhan tulang sudah mulai tertutup. Artinya, mau minum susu secara rutin pun akan kecil kemungkinannya tubuh akan menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu, agar lebih optimal disarankan untuk tetap rutin konsumsi susu hingga usia pubertas, ya.

 

Faktor genetik juga berpengaruh

Perlu diingat, minum susu memang membantu anak memiliki tubuh yang lebih tinggi. Hanya saja, tinggi badan si kecil juga akan dipengaruhi oleh faktor genetik, termasuk salah satunya dari tinggi badan orang tua.

 

Bagi GenBest yang mungkin tidak cukup tinggi jangan khawatir. Karena, dalam jangka panjang faktor eksternal, seperti makanan dan lingkungan dapat memengaruhi genetik itu sendiri.

 

Untuk itu, GenBest tetap harus membiasakan si kecil mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, olahraga, dan tidur cukup, ya.

 

Yuk, rajin konsumsi susu untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak!

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top