Makanan Kaya Nutrisi Memaksimalkan Kinerja Otak Anak

Sed ut perspiciatis unde
29 April

Makanan Kaya Nutrisi Memaksimalkan Kinerja Otak Anak

Cara otak berkembang dalam 1.000 hari pertama begitu pesat. Faktor Lingkungan dan bagaimana anak dicintai, sangat penting untuk memaksimalkan kinerja otak ini. Menyusui, misalnya, menurut penelitian, bisa membuat perbedaan besar pada pertumbuhan otak si kecil. Bukan hanya karena ASI adalah makanan pertama penuh nutrisi yang sempurna, tetapi juga karena saat menyusui kasih sayang ibu begitu tercurah pada si kecil. (Baca juga: “Deteksi Dini Cegah Stunting, Perhatikan Berat Badan Anak)

 

Setelah masa ASI eksklusif berlalu, nutrisi anak dalam MPASI dan makanan keluarga akan tetap memiliki pengaruh kuat untuk kecerdasannya. Tubuh anak yang sedang tumbuh di periode emas membutuhkan vitamin, mineral, dan berbagai zat gizi lain.  Alasan ini yang membuat kita harus selalu memperhatikan diet anak. 

 

Mengenai nutrisi otak agar anak cerdas, beberapa makanan memang dipercaya dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otak anak, termasuk meningkatkan fungsi otak, memori, dan konsentrasinya.

Ingin mencoba? Begitu si kecil menginjak usia 6 bulan dan sudah boleh diperkenalkan dengan MPASI, GenBest bisa memberikan "Makanan untuk nutrisi otak" di bawah ini. 

 

  1. Telur

Selain tinggi protein, telur dikenal sebagai makanan untuk nutrisi otak karena memiliki kandungan kolin. Kolin berperan kuat dalam memaksimalkan fungsi otak dan memori anak.  Jangan dilupakan juga telur memiliki kandungan zat besi, folat, serta vitamin B6, B12, B9, yang tak hanya baik untuk nutrisi otak, tapi juga untuk mencegah stunting.

 

  1. Ikan

Ikan juga dikenal sebagai sumber protein yang baik untuk nutrisi otak anak. Beberapa jenis ikan, seperti salmon dan tuna juga merupakan sumber omega 3. Asam lemak essensial ini berperan penting dalam perkembangan fungsi otak anak, termasuk dalam meningkatkan konsentrasi hingga kelak dapat memperlambat proses penuaan otak. Jadi masukkan ikan sebagai menu rutin dalam masa pertumbuhan emas anak, ya! (Baca juga: “Memiliki Protein Tinggi, Sering Konsumsi Ikan Bisa Mencegah Stunting)

 

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau, seperti kangkung, bayam, seledri, dan brokoli, kaya akan nutrisi yang menyehatkan otak. Penelitian menunjukkan kandungan vitamin K, lutein, folat, dan beta karoten pada sayuran hijau dapat membantu memperlambat penurunan fungsi kognitif saat anak dewasa kelak. 

 

  1. Alpukat

Alpukat bisa menjadi pilihan buah  pertama yang dikenalkan saat MPASI. Alpukat kaya nutrisi untuk otak karena memiliki kandungan lemak sehat (asam lemak omega 3) dan berbagai macam vitamin.

 

Adanya kandungan asam lemak omega 3 akan membantu meningkatkan aliran darah ke otak, yang pada akhirnya meningkatkan kemampuan otak anak. Untuk si kecil yang baru diperkenalkan dengan MPASI, GenBest bisa menghaluskan alpukat supaya si kecil dapat menikmatinya.

 

  1. Kacang merah

Kacang merah juga kaya nutrisi untuk otak anak. Satu mangkuk bubur kacang merah mengandung vitamin B1 dan protein tinggi yang bisa  membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat anak. 

 

Nah, siap mencoba makanan untuk nutrisi otak anak? Namun sebelum memperkenalkannya, cobalah untuk mendiskusikan kepada dokter untuk mengantisipasi risiko alergi pada si kecil.

 

Baca juga: “Panduan Pemberian MPASI untuk Bayi Alergi

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top