1 Nov

Anemia adalah masalah kesehatan yang disebabkan kekurangan hemoglobin atau sel darah merah dalam tubuh. Tidak hanya karena kekurangan zat besi, anemia juga bisa disebabkan karena kekurangan vitamin B12 atau juga asam folat.

 

Jika tidak segera diatasi, anemia berisiko menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius, terutama bagi ibu hamil, seperti berat badan lahir rendah dan kelahiran prematur. Kedua kondisi bayi tersebut dapat meningkatkan risiko stunting. 

 

Baca Juga: Jangan Sepelekan Anemia pada Ibu Hamil, Ya!

 

Untuk mendiagnosis anemia, dokter biasanya akan menanyakan riwayat kesehatan pasien, melakukan pemeriksaan fisik, dan menyarankan tes darah. Pengobatan umumnya berupa pemberian suplemen/vitamin sesuai penyebabnya; apakah karena kekurangan zat besi, vitamin B12, atau asam folat. Berikut sedikit gambarannya:

 

1. Suplemen zat besi

Suplemen zat besi akan diberikan pada kasus Anemia defisiensi zat besi (ADB). ADB adalah salah satu jenis anemia yang rentan terjadi pada ibu hamil dan remaja putri. Sesuai dengan namanya, jenis anemia satu ini disebabkan karena kekurangan zat besi. 

 

Selain memberikan suplemen, dokter juga biasanya akan menyarankan penderita ADB untuk meningkatkan jumlah zat besi dalam makanannya,  seperti dengan makan lebih banyak daging, kacang-kacangan, kuning telur, makanan laut, dan sebagainya. 

 

Baca Juga: Cegah Anemia pada Ibu Hamil dengan Tablet Tambah Darah

 

2. Vitamin B12

Anemia kekurangan vitamin B12 umumnya akan diatasi dengan pemberian vitamin B12. Untuk ibu hamil, vitamin B12 memiliki peran penting dalam pembentukan sel darah merah dan mencegah cacat tabung saraf  pada bayi.  

 

Penderita anemia karena kekurangan vitamin B12 juga biasanya disarankan untuk banyak makan makanan kaya vitamin B12,  seperti daging, hati, tiram, kerang,  susu, dan sebagainya. 

 

3. Suplemen asam folat

Salah satu fungsi asam folat adalah membentuk sel darah merah. Karena itulah seseorang yang kekurangan asam folat, produksi sel darah merahnya bisa terganggu dan menderita anemia.

 

 Pada kondisi ini, akan sangat membantu bila Genbest minum suplemen asam folat dan makan makanan sumber folat, seperti sayuran berdaun hijau, gandum, susu, dan lainnya.

 

Baca Juga: Ini Pentingnya Asam Folat bagi Ibu Hamil

 

Itulah beberapa jenis suplemen dan vitamin penambah darah untuk mencegah anemia. Sebelum mengonsumsi suplemen penambah darah, disarankan mengonsultasikan pada dokter terlebih dahulu untuk mengetahui dosis yang tepat!

 

Baca Juga: Berbagai Jenis Anemia yang Sering Dialami Ibu Hamil

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top