22 Oct

Wajar bila isu stunting membuat Genbest selalu waspada pada pertumbuhan tinggi si kecil, dan merasa cemas ketika perawakan anak tampak pendek. Namun tidak semua anak pendek adalah penderita stunting. Jangan lupa, faktor genetik memegang peran dalam tinggi badan anak.  Jadi kalau orang tuanya pendek, ada kemungkinan si kecil juga bertubuh pendek. Bila laju pertumbuhan si kecil normal dan ia tampak sehat walaupun tubuhnya pendek, umumnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. 

 

Perawakan pendek yang perlu dicurigai sebagai masalah kesehatan yang serius adalah ketika seorang anak memiliki tinggi badan jauh di bawah rata-rata usia dan jenis kelamin anak tersebut. Ketika diplot pada kurva pertumbuhan, titik pertemuan usia dan tinggi badan berada di bawah garis merah (-2) sehingga anak  dikategorikan stunting dan jika berada di garis hitam (-3), anak mengalami severe stunting

 

Baca Juga: Faktor Risiko Stunting Ibu Mudah Wajib Tahu

 

Lalu apa penyebab tubuh anak jauh lebih pendek dibandingkan teman seusianya? Berikut beberapa di antaranya:

 

1. Anak lahir dengan berat badan rendah

Anak-anak yang ketika lahir masuk kategori BBLR atau berat badan lahir rendah (di bawah 2,5 kg) biasanya laju pertumbuhannya akan lebih lambat dibandingkan dengan anak-anak yang dilahirkan dengan berat badan yang normal. Salah satu dampaknya, tinggi badan anak menjadi lebih pendek dari teman-temannya atau bahkan mengalami stunting. 

 

2. Asupan nutrisi tidak terpenuhi

Tubuh pendek  seorang anak juga mungkin disebabkan kurang nutrisi. Biasanya ini terkait masih rendahnya kesadaran akan pola makan yang bergizi seimbang sehingga makanan anak terlalu banyak karbohidrat (nasi) dan sedikit protein serta sayuran. Untuk mencegah kondisi ini, Genbest bisa menggunakan metode Isi Piringku

 

3. Tidak diberi ASI 

ASI kaya akan nutrisi termasuk protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan, karena itulah anak-anak yang tidak beri  ASI memiliki risiko berperawakan pendek.

 

Baca Juga: Apa Saja Kandungan Nutrisi dalam ASI?

 

4. Sering sakit-sakitan

Anak yang sering sakit-sakitan umumnya memiliki tubuh lebih pendek dari teman sebaya, karena energinya yang seharusnya untuk tumbuh, digunakan untuk proses pemulihan dari sakit. 

 

5. Tidak imunisasi

Ketika anak tidak mendapat imunisasi, kekebalan tubuhnya akan lemah sehingga sering sakit.  Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, anak yang sering sakit memiliki risiko berperawakan lebih pendek terkait  energinya yang lebih banyak digunakan untuk memulihkan kondisi daripada untuk pertumbuhan.  

 

Baca Juga: Jadwal Imunisasi Anak 2020 Rekomendasi IDAI

 

6. Kurangnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Kurangnya kesadaran akan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) pada anak, seperti tidak rajin cuci tangan, dapat mengakibatkan anak sering terkena diare. Penyakit Diare yang terus menerus akan menyebabkan kekurangan gizi dan membuat tubuhnya menjadi pendek. 

 

Baca Juga: Ini Akibatnya Kalau Malas Cuci Tangan Pakai Sabun

 

Bila Genbest memiliki kekhawatiran terkait tubuh anak yang tampak pendek, Genbest bisa segera mengonsultasikannya pada dokter. Umumnya bila si kecil masih di bawah usia 2 tahun atau masih dalam masa 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), pertumbuhan si kecil yang terhambat masih bisa diperbaiki. 

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top