Cegah COVID-19 Pada Anak, Begini Tips Agar Anak Mau Makan Sayur dan Buah

Sed ut perspiciatis unde
9 Juni

Cegah COVID-19 Pada Anak, Begini Tips Agar Anak Mau Makan Sayur dan Buah

Idealnya, setengah dari setiap piring yang GenBest letakkan di depan si kecil harus diisi dengan sayuran dan buah-buahan. Ini memang nggak selalu mudah karena anak-anak kebanyakan nggak suka sayur dan buah. 

 

Namun, GenBest tetap perlu selalu ingat, anak-anak membutuhkan sayuran dan buah karena keduanya menyediakan nutrisi penting untuk membantu memberikan mereka kekebalan tubuh yang lebih baik. 

 

Dalam menyambut era new normal, kekebalan tubuh menjadi begitu penting untuk menangkal berbagai bakteri dan virus, termasuk COVID-19. Kebanyakan sayur dan buah kaya akan vitamin C yang merupakan pendorong sistem kekebalan tubuh terbesar. Sayur dan buah juga merupakan sumber antioksidan kuat yang bisa membantu tubuh melawan infeksi. 

 

Baca Juga: 7 Khasiat Buah Naga untuk Tumbuh Kembang Anak

 

Tips Membiasakan Anak Makan Sayur dan Buah

Tapi bagaimana kita bisa membuat anak makan sesuatu yang tidak mereka sukai? Prinsip yang perlu GenBest pegang adalah jangan pernah memaksa. Cara pemaksaan hanya akan membuat anak tertekan dan menyebabkannya lebih anti makan buah dan sayur. Jadi, gunakan strategi yang halus. Seperti apa?

 

  • Sajikan sayur/buah setiap hari

Meski si kecil nggak suka, ia harus dibiasakan. Jadilah panutan dengan menikmati sayur dan buah yang tersaji di meja makan setiap hari. Lalu coba tawarkan pada anak.

 

  • Tambahkan pada makanan favoritnya 

Taruh buah stroberi atau anggur pada sereal atau selipkan tomat/timun/selada di roti sandwich anak. Lama-lama ia akan terbiasa dengan rasa sayur dan buah-buahan.

 

  • Cobalah resep vegetarian 

Resep vegetarian biasanya memanfaatkan  buah dan sayur sebagai pengganti daging-dagingan. Dengan begitu GenBest punya sajian lezat untuk anak sekaligus dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil.

 

  • Libatkan anak dalam persiapan makanan

Ajaklah anak berbelanja dan biarkan anak memilih sayur dan buah yang diinginkannya. GenBest juga bisa melibatkan si kecil saat mengolah sayur dan buah itu di dapur. Mungkin prosesnya jadi sedikit lebih lama dan mungkin sedikit lebih membuat frustrasi karena anak-anak bisa membuat semua lebih berantakan. Tetap sabar ya GenBest karena manfaat proses ini sangat besar, yakni anak jadi mau makan sayur dan buat, atau setidaknya mencicipinya. 

 

  • Teruslah berusaha

Ada ratusan jenis sayuran dan buah dan banyak cara untuk menyiapkan dan menyajikannya. Semakin sering GenBest menyajikan sayur dan buah yang beragam pada si kecil, semakin besar kemungkinan ia akan menemukan beberapa yang mereka sukai. Jadi jangan pernah menyerah dan teruslah berusaha. 

 

Selamat mencoba, GenBest!

 

Baca Juga: Cegah Stunting dengan Sajian Menu Empat Bintang untuk Bayi dan Balita

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top