faq

Pertanyaan mendasar mengenai stunting bisa dicek disini

Stunting atau pendek adalah kondisi gagal tumbuh pada anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, terutama pada periode 1.000 hari pertama kehidupan (HPK), yaitu dari janin hingga anak berusia 24 bulan..

Ciri-ciri fisik yang tampak pada balita stunting yaitu, tinggi badan tidak sesuai dengan standar usianya atau anak tampak lebih pendek dibandingkan anak seusianya. .

Banyak sekali kerugian yang dialami anak, kalau mengalami stunting. Dampak jangka pendek stunting pada anak usia 0-balita adalah: (1) Anak mudah sakit, (2) Tumbuh kembang anak terhambat, contohnya anak terlambat bicara atau berjalan. Selain itu, stunting juga memiliki dampak jangka panjang, yaitu (1) Ketika sekolah, mengalami penurunan kemampuan belajar, sehingga berdampak buruk pada prestasi belajar; (2) Obesitas/kegemukan; (3) Ketika dewasa, menurunkan kesempatan untuk mendapat pekerjaan yang layak; (4) Memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena penyakit tidak menular, seperti diabetes melitus, penyakit jantung, dll..

CTA

Tidak menemukan jawaban disini?

Kami akan senantiasa membantu anda menyelesaikan permasalah stunting anak anda

lebih lanjut