27 Jul

Genbest, si 2 tahun sudah bisa apa sekarang? Tambah cerewet? Wajar, karena kosakata anak akan jauh bertambah, dari hanya 1-2 kata pada masa bayi, menjadi 50 kata atau lebih pada usia 2 tahun. Pada saat ini, mereka juga sudah bisa mengikuti perintah dua langkah, seperti:  “Ambil mobil-mobilan itu dan berikan kepada Mama!

 

Koordinasi tangan-mata dan ketangkasan si 2 tahun juga terus meningkat. Kontrol jari dan tangannya sudah lebih baik, mereka juga semakin bersemangat bereksplorasi lebih dari sebelumnya. Jadi, akan lebih seru lagi saat diajak bermain. 

 

Baca Juga: 4 Faktor yang Menjadikan Anak Cerdas

 

Nah, soal pilihan permainan yang cocok untuk si 2 tahun, Genbest bisa coba beberapa di bawah ini:

 

1. Mainan dokter-dokteran

Anak 2 tahun senang bermain peran, seperti dokter-dokteran. Permainan ini dapat meningkatkan kreativitas anak, mengasah kemampuan sosial emosional, meningkatkan kepercayaan diri, hingga melancarkan kemampuan bicaranya. Main dokter-dokteran juga bisa membantu mengurangi ketakutannya pada saat harus bertemu dokter. 

 

2. Puzzle

Puzzle untuk anak 2 tahun, bukan puzzle rumit dengan puluhan atau ratusan potongan, ya, Genbest. Pilihlah puzzle sederhana yang hanya membutuhkan 3-4 potongan. Dengan menggabungkan potongan puzzle dan menghasilkan suatu gambar yang utuh, kegiatan ini akan menstimulasi dan mengembangkan kemampuannya problem solving anak dan meningkatkan fokus dan melatih konsentrasinya. 

 

3. Balok

Permainan balok juga dapat menstimulasi kemampuan motorik, sekaligus mengasah konsentrasi pada periode emas pertumbuhan anak. Menariknya lagi, permainan balok bongkar-pasang juga membantu melatih keterampilan berpikir logis anak.

 

Baca Juga: Tingkatkan Kemampuan Kognitif Si Kecil dengan Kegiatan Seru Ini

 

4. Bermain bola

Bermain bola, selain dapat melatih kemampuan motorik si kecil, juga dapat melatih keseimbangan tubuh,  mengenalkan anak pada konsep “menang dan kalah” dan berbagai kosakata baru, seperti dorong, tendang, atau lempar.

 

5. Melukis

Selain melatih kelenturan jari dan kekuatan tangan, melukis dapat mengasah daya imajinasi dan kreativitas anak! Sebuah studi menyebutkan, anak yang diajarkan melukis atau menggambar sejak kecil memiliki kemampuan belajar atau mengingat yang lebih baik, sehingga membuatnya lebih cerdas. Namun, pastikan memberikan cat ramah anak agar tetap aman digunakan, ya, Genbest!

 

Nah, itulah beberapa permainan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak usia 2 tahun yang bisa dipilih. Jadi, rencana mau beli mainan apa, nih, buat si kecil di rumah?

 

Baca Juga: Waspadai Keterlambatan Motorik, Yuk, Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Sejak Dini

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top