4 Sep

Genbest yang sedang hamil pasti selalu mencari camilan enak, tapi tetap bergizi. Mulai sekarang, masukkan kuaci sebagai camilan selama kehamilan ini. 

 

Kuaci? Iya, kuaci yang terbuat dari biji-bijian itu, bisa biji semangka, biji labu, atau biji bunga matahariSegala manfaat kuaci berasal dari kandungan nutrisi yang tersimpan di dalamnya, mulai dari kalori, protein, vitamin E, serat, zat besi, folat, serta berbagai kandungan vitamin dan mineral penting lainnya.

 

Meski begitu, seperti saat menikmati camilan lainnya, porsi makan kuaci juga jangan berlebihan, ya Genbest. Dilansir dari web kesehatan Web MD, bumil bisa menikmati kuaci sekitar seperempat cangkir. Saat bumil malas mengupas kuaci dan memilih makan kuaci dengan kulitnya, perlu diingat bahwa kulit kuaci sering dilapisi garam. Jadi kalau Genbest punya riwayat darah tinggi, pilih kuaci yang tanpa kandungan garam, ya. 

 

Baca Juga: 5 Ide Camilan Ini Enak dan Sehat untuk Ibu Hamil

 

Lantas, apa saja manfaat kuaci bagi ibu hamil? Di bawah ini adalah 7 manfaat kuaci bagi ibu hamil yang perlu diketahui:

 

1. Mencegah anemia

Anemia pada ibu hamil merupakan masalah kesehatan serius. Tidak hanya menyebabkan calon ibu merasa lemas dan mudah lelah, anemia pada ibu hamil berisiko menyebabkan stunting, kelahiran prematur, hingga berat badan lahir rendah (BBLR).

 

Menariknya, dalam 30 gram kuaci dapat memenuhi 6% kebutuhan zat besi harian ibu hamil. Hanya saja, pastikan diimbangi dengan mengonsumsi makanan kaya zat besi lainnya, serta Tablet Tambah Darah (TTD) untuk mencegah anemia saat hamil, ya!

 

Baca Juga: 8 Buah Tinggi Zat Besi yang Cocok untuk Ibu Hamil

 

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Seperti yang kita tahu, ibu hamil lebih rentan terhadap berbagai penyakit atau infeksi selama masa kehamilan, Kuaci mengandung zinc yang berperan penting dalam menjaga dan membentuk sel imun dalam tubuh. Selain itu, kuaci juga mengandung selenium yang berperan dalam mengurangi peradangan, melawan infeksi, serta meningkatkan imun.

 

3. Menangkal radikal bebas

Kuaci merupakan sumber asam fenolik dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan bermanfaat untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

 

4. Mengoptimalkan perkembangan janin

Kandungan fosfor dan mineral penting lainnya pada kuaci bermanfaat untuk mengoptimalkan perkembangan tulang janin dalam kandungan.

 

5. Mencegah cacat tabung saraf

Sekitar 30 gram kuaci bisa memenuhi 17%  kebutuhan asam folat ibu hamil. Seperti kita ketahui asam folat bermanfaat untuk mencegah cacat tabung saraf dan mengoptimalkan perkembangan janin agar tumbuh sehat.

 

Baca Juga: Waspada 4 Tanda Ibu Hamil Kekurangan Asam Folat

 

6. Mengoptimalkan otak bayi

Manfaat kuaci untuk ibu hamil selanjutnya adalah mengoptimalkan otak janin. Hal ini didapatkan berkat kandungan asam lemak omega-3 pada kuaci yang bermanfaat meningkatkan perkembangan otak bayi selama di kandungan.

 

7. Melancarkan pencernaan

Ibu hamil rentan mengalami sembelit. Salah satu cara mencegahnya dengan mengonsumsi makanan tinggi serat, salah satunya kuaci! Meskipun ukurannya mini, dalam 30 gram kuaci terkandung 3 gram serat. Kandungan serat inilah yang akan melancarkan pencernaan dan mencegah susah buang air besar selama masa kehamilan.

 

Baca Juga: 8 Rekomendasi Makanan Terbaik untuk Ibu Hamil 9 Bulan

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top