30 Aug

Mengenalkan MPASI menjadi salah satu momen penting pada masa 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) anak. Seberapa baik atau seberapa buruk asupan nutrisi si kecil pada masa emas ini memiliki dampak yang besar pada dan kesehatan anak kelak, termasuk untuk mencegah stunting.

 

Masa 1.000 HPK juga akan berdampak pada kemampuan anak untuk belajar karena pada saat ini, otak anak tumbuh dan berkembang sangat pesat. Hingga usia anak satu tahun, otak membuat 700 koneksi saraf per detik dan mencapai 80% ukuran otak orang dewasa pada usia dua tahun.

 

Sekali lagi, nutrisi yang diterima seorang anak memainkan peran utama pada masa 1.000 hari kehidupan anak, termasuk  masa-masa pengenalan MPASI.

 

Nah, kalau saat ini si kecil memasuki usia 6 bulan, GenBest pasti akan mencari berbagai informasi tentang MPASI. Pada saat membaca artikel terkait MPASI, mungkin akan ditemukan beberapa singkatan/istilah yang terdengar asing. Supaya tidak bingung lagi, berikut beberapa singkatan/istilah seputar MPASI yang harus GenBest ketahui:

 

MPASI 4 Bintang

MPASI 4 bintang adalah menu MPASI yang mengandung empat unsur gizi, yaitu karbohidrat, protein hewani, protein nabati, serta sayur dan buah. Namun, sebenarnya kebutuhan gizi bayi tidak terbatas pada 4 kandungan itu saja. Rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), MPASI harus ada sumber karbohidrat, protein hewani dan protein nabati, serta lemak, juga mikronutrien, yaitu vitamin dan mineral berupa zat besi, kalsium, zinc, vitamin C, vitamin A, dan folat.

 

EVOO

Singkatan dari extra virgin olive oil merupakan minyak zaitun murni yang tinggi vitamin dan mineral. Pemberian EVOO pada MPASI anak itu boleh, selama sudah di atas usia 6 bulan. EVOO mengandung vitamin, omega 3 dan 6, serta asam oleat yang akan meningkatkan perkembangan otak si kecil. Tapi, jangan terlalu banyak memberikan pada si kecil, cukup ¼ sendok teh setiap 57 gram makanan bayi.

 

ELOO

Singkatan dari extra light olive oil, merupakan campuran antara minyak zaitun murni dengan refined olive oil (yang sudah melewati tahapan kimiawi). Bukan berarti tidak bagus, hanya saja fungsinya berbeda. Kalau EVOO dicampurkan langsung pada makanan, ELOO untuk menumis, menggoreng, dan memanggang makanan si kecil.

 

UB

Unsalted butter (UB) biasanya digunakan untuk mengolah MPASI anak, baik menumis atau dicampurkan langsung pada makanan yang masih hangat. Menariknya, UB dapat menjadi booster berat badan anak dan mengandung vitamin A, D, E, dan K.

 

LT

Lemak merupakan salah satu faktor penting dalam memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Selain itu, lemak dibutuhkan karena sekitar 85% otak anak terdiri dari lemak. Maka dari itu, si kecil pun membutuhkan LT (lemak tambahan) di menu MPASI-nya. Sebenarnya, EVOO, ELOO, dan UB juga merupakan salah satu LT.

 

GTM

Gerakan Tutup Mulut oleh beberapa orang adalah kondisi di mana si kecil menolak makanan yang diberikan. Jangan khawatir, untuk mengatasinya GenBest bisa membuat jadwal makan atau menciptakan lingkungan yang menyenangkan. Hanya saja, jangan memaksa dan memarahinya karena akan membuatnya semakin malas makan.

 

BLW

Baby Led Weaning (BLW) adalah pemberian MPASI langsung ke tahapan finger food. Dengan kata lain, BLW membiarkan si kecil memilih dan memakan makanannya sendiri tanpa bantuan sendok. Hanya saja, metode ini tidak seperti pemberian MPASI yang ideal, atau dengan responsive feeding yang disarankan WHO.

 

Puree

Memasuki usia 6 bulan, disarankan dalam mengenalkan MPASI pada anak dimulai dengan tekstur yang lembut dan mudah dicerna. Pemberian dan pengenalan tekstur lembut dikenal dengan puree. Biasanya, makanan yang diolah dengan bentuk puree menggunakan bahan dasar sayur dan buah.

 

Gulgar

GenBest harus memerhatikan pemberian gulgar (gula garam) ke dalam menu MPASI anak. Bukannya tidak boleh, tapi harus dibatasi. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyebutkan; untuk makanan anak di bawah usia satu tahun boleh menggunakan gula dan garam, namun harus sesedikit mungkin agar terhindar dari berbagai penyakit saat dewasa.

 

Finger food

Seiring bertambahnya usia, GenBest juga akan ada saatnya mengenalkan finger food, yaitu makanan yang mudah digigit dan bisa dipegang oleh anak. Biasanya, GenBest mulai memberikan finger food saat si kecil memasuki usia 8-9 bulan. Selain melatih si kecil makan sendiri, finger food juga akan melatih kemampuan menggigit, mengunyah, dan motorik halus anak.

 

Baca Juga: 5 Nutrisi Wajib dalam MPASI Anak

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top