6 Aug

Perlukah Tes Kesuburan Sebelum Menikah?

by : Admin

Genbest apakah berniat melakukan tes kesuburan sebelum menikah? Bila ya, pastikan melakukannya berdua dengan pasangan. Karena menurut penelitian, 33% masalah kesuburan disebabkan oleh faktor dari kedua pasangan. 

 

Tes kesuburan adalah sebuah tes kesehatan yang berfungsi untuk mencari tahu apakah organ reproduksi pada pria maupun wanita mendukung terjadinya proses kehamilan secara alami. Dengan begitu, proses kehamilan yang direncanakan dapat berjalan maksimal dan lancar.

 

Baca Juga: 7 Tes Kesehatan yang Penting Dilakukan Sebelum Menikah

 

Untuk calon pengantin wanita, tes kesuburan akan dilakukan oleh dokter spesialis kandungan, sementara calon pengantin pria memeriksakan diri ke ahli urologi. Tes kesuburan melibatkan tes laboratorium (seperti tes darah dan analisis air mani), USG untuk organ reproduksi, dan prosedur lain guna menguji fungsi sistem reproduksi, dan sebagainya.  

 

Pada awalnya, dokter mungkin akan mulai dengan mengajukan pertanyaan tentang kesehatan dan gaya hidup Genbest dan pasangan, seperti: riwayat medis, termasuk kondisi atau operasi yang pernah dijalani, obat-obatan yang kamu minum, apakah Genbest/paangan perokok atau bukan, dan sebagainya. 

 

Dokter juga akan bertanya seputar menstruasi Genbest, seperti seberapa sering Genbest menstruasi selama setahun terakhir, apakah mengalami menstruasi yang tidak teratur, apakah selama menstruasi mengalami gumpalan darah besar, dan sebagainya. 

 

Barulah kemudian dokter akan menggunakan berbagai tes untuk melihat kesuburan. Berikut gambaran tes kesburan untuk wanita dan laki-laki.

 

Contoh tes kesuburan untuk wanita

  • Tes darah untuk memeriksa kadar hormon
  • Pemeriksaan USG untuk melihat kondisi rahim dan ovarium
  • Tes HSG (histerosalpingografi) menggunakan foto rotgen untuk memeriksa fungsi sistem reproduksi.

 

Contoh Tes kesuburan untuk laki-laki 

  • Pemeriksaan sperma. 
  • Tes USG untuk mendeteksi ada tidaknya gangguan pada organ reproduksi pria.
  • Pemeriksaan hormon untuk mengetahui tingkat testosteron

 

Jika hasil tes kesuburan dinyatakan normal, maka pasangan nantinya dapat merencanakan kehamilan dengan lancar. Apabila hasil tes kesuburan menunjukkan hasil yang kurang baik atau terdeteksi adanya gangguan yang dapat menghambat terjadinya kehamilan secara alami, Genbest dan pasangan bisa segera mendapatkan saran-saran medis untuk kelak segera mendapat momongan. 

 

Sumber: www.verywellfamily.com

 

Baca Juga: Persyaratan Terbaru Sebelum Menikah bagi Calon Pengantin, Wajib Tahu!

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top