25 Oct

Jika Genbest memiliki rencana untuk segera hamil setelah menikah, Genbest bisa lebih berfokus pada kesehatan diri sendiri setidaknya 3 bulan sebelum mulai mencoba untuk hamil. Menjadi sehat sebelum kehamilan dapat membantu meningkatkan peluang Genbest untuk hamil lebih cepat dan sehat.

 

Baca Juga: Persiapan Menikah, Genbest Calon Ibu yang Sehat Kah?

 

Jika Genbest memiliki gangguan kesehatan, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi, Genbest bisa memeriksakan diri secara rutin ke dokter sehingga kelak kehamilan Genbest lebih terpantau dan si kecil dapat lahir dengan sehat dan bebas dari risiko stunting.

 

Baca Juga: Gampang, Murah, Sehat, Contoh Asupan Gizi Bumil dalam Sehari

 

Merencanakan kehamilan tentu perlu dibarengi persiapan yang matang. Namun terkadang ada hal-hal penting yang justru terlupakan, berikut di antaranya:

 

1. Konsumsi asam folat

Asam folat adalah vitamin B yang dibutuhkan ibu hamil untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat. Minum asam folat kira-kira 3 bulan sebelum kehamilan dan selama awal kehamilan dapat membantu mencegah cacat lahir pada otak dan tulang belakang janin. Untuk itu, mulailah mengonsumsi 400 mcg suplemen asam folat setiap hari sebelum kamu hamil.

 

Baca juga: Kenapa Asam Folat Perlu Diminum Sebelum Menikah?

 

2. Lindungi diri dari virus dan penyakit infeksi 

Ada penyakit yang dapat mengganggu kehamilan, seperti toksoplasmosis. Toksoplasmosis adalah infeksi yang disebabkan karena makan daging setengah matang atau menyentuh kotoran kucing. Jika Genbest memiliki kucing, mintalah orang lain yang selalu membersihkan kotorannya. Pastikan juga sebelum kehamilan ini, setiap daging yang Genbest makan benar-benar matang.

 

Baca Juga: 7 Tes Kesehatan yang Penting Dilakukan Sebelum Menikah

 

3. Kurangi stres 

Beberapa penelitian menemukan hubungan antara tingkat stres yang tinggi pada wanita dan peluang kehamilan yang lebih rendah. Jadi sebelum hamil ini Genbest bisa belajar cara mengelola stres dengan lebih baik.

 

Baca Juga: 4 Dampak Buruk Stresnya Ibu Hamil pada Janin

 

4. Segera atasi anemia

Sebenarnya kekurangan zat besi sangat umum terjadi pada wanita, terutama pada saat menstruasi. Namun bila Genbest berencana hamil, namun menderita anemia defisiensi besi, segara konsultasikan hal ini kepada dokter. Menurut sebuah penelitian dari University of Rochester Medical Center, kekurangan zat besi di awal kehamilan, meski tidak sampai menyebabkan anemia berat, akan tetap memiliki efek negatif pada perkembangan otak janin.

 

Nah, selamat merencanakan kehamilan yang sehat dan semoga kelak tumbuh kembang si kecil optimal dan bebas stunting. 

 

Sumber: www.marchofdimes.org

 

Baca Juga: Calon Pengantin Juga Harus Sadar Stunting

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top