16 Oct

Kesehatan mental ibu memainkan peran penting dalam perkembangan anak, salah satunya dalam hal stunting. Terjadinya stunting sering kali dikaitkan dengan masalah gizi, namun ternyata kesehatan mental ibu juga memiliki peran besar dalam pencegahan kondisi ini lho, Genbestie. 

 

Hubungan Kesehatan Mental Ibu dengan Stunting pada Anak

 

Melansir ayosehat.kemkes.go.id, ibu hamil rentan mengalami berbagai masalah psikologis seperti kecemasan, stres, insomnia, depresi, atau gangguan stres pascatrauma. Kondisi tersebut dapat meningkatkan risiko bagi janin, seperti pertumbuhan yang terhambat, kelahiran prematur, atau berat badan lahir rendah (BBLR). Kondisi ini merupakan faktor risiko utama terjadinya stunting.

 

Hal tersebut didukung oleh pernyataan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang dilansir melalui antaranews.com, ia mengatakan bahwa kesehatan mental dan fisik seorang ibu merupakan faktor kunci untuk mencegah terjadinya stunting pada anak. Dengan demikian,

 

upaya menjaga kesehatan mental ibu tidak hanya berperan dalam meningkatkan kualitas hidupnya secara pribadi, tetapi juga berpengaruh terhadap masa depan anak.

 

Ibu yang sehat secara mental lebih mampu mengatur pola makan dan perawatan yang baik untuk anak, sehingga risiko stunting bisa diminimalkan. Maka dari itu, kesehatan mental dan fisik ibu adalah dua hal yang sama pentingnya. 

 

Baca Juga: Badan Lemas Saat Hamil? Begini Cara Mengatasinya

 

Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Kehamilan

 

Menjaga suasana hati selama kehamilan sangatlah penting, karena ibu hamil yang merasa tenang dan bahagia dapat membantu mengurangi risiko stres. Melansir ayosehat.kemkes.go.id, berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan: 

 

1. Buatlah daftar prioritas untuk membantu Ibu menyelesaikan tugas-tugas penting terlebih dahulu.

 

2. Lakukan olahraga ringan secara teratur dengan pemanasan untuk menjaga kesehatan dan mengurangi stres.

 

3. Praktekkan teknik relaksasi, seperti pernapasan dalam, saat menghadapi tekanan untuk menenangkan diri.

 

4. Selalu berpikir positif dan hindari kekhawatiran yang berlebihan agar lebih tenang selama masa kehamilan.

 

5. Lakukan aktivitas yang membawa kebahagiaan bagi Ibu untuk menghindari stres.

 

6. Jangan panik dan terburu-buru dalam membuat keputusan atau merencanakan sesuatu.

 

7. Diskusikan masalah dengan pasangan jika merasa kesulitan, ini akan mengurangi tingkat stres.

 

8. Pastikan untuk cukup beristirahat agar Ibu dan janin memiliki waktu untuk relaksasi.

 

9. Konsumsi makanan yang bergizi seimbang, kaya akan omega-3, vitamin, dan mineral, serta pastikan untuk minum 10 gelas air setiap hari.

 

Baca Juga: Musik Klasik Menurunkan Kecemasan Ibu Hamil Menjelang Persalinan, Benarkah Demikian?

 

Menjaga kesehatan mental ibu adalah bentuk langkah preventif untuk mencegah stunting. Genbestie, yuk bantu jaga kesehatan mental ibu hamil. Dukungan suami, keluarga, teman, dan komunitas sangat penting untuk membuat ibu hamil merasa tenang dan bahagia.

-----


Sumber:

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1022/kesehatan-mental-pada-ibu-hamil-dan-pasca-melahirkan 

https://www.antaranews.com/berita/3987738/menkes-kesehatan-mental-ibu-kunci-cegah-stunting-pada-anak 

https://ayosehat.kemkes.go.id/cara-menghindari-stres-saat-hamil 
 

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top