Bahaya Kesehatan Tersembunyi dI Balik Kamar Mandi

Sed ut perspiciatis unde
30 Jul

Bahaya Kesehatan Tersembunyi dI Balik Kamar Mandi

Setiap tempat yang lembab merupakan favorit kuman, terutama di kamar mandi. Sebagian besar kuman di kamar mandi memang tidak berbahaya. Tapi beberapa jenis patogen bisa menyebabkan kita mengalami gangguan pencernaan. Kalau bolak-balik sakit pencernaan, apalagi si kecil , yang mengalami hal itu, maka pertumbuhan tubuhnya pun bisa terganggu, bahkan mengalami stunting, yang turut mengganggu perkembangan otaknya.

Berikut ini adalah beberapa tempat di kamar mandi, yang bisa jadi sarang kuman, bila tidak dirawatm GenBest. 


1. Tempat Perlengkapan Mandi 
Bila kurang terawat, dikhawatirkan tempat perlengkapan kamar mandi yang kotor akan menjadi sarang kuman. Bukan tidak mungkin bila kuman itu berpindah atau mencemari perlengkapan mandi, seperti sabun, sampo, sikat gigi, dan lainnya dan menyebabkan penyakit.   


2. Lantai dan Dinding 
Lantai atau dinding kamar mandi yang kurang dibersihkan akan berjamur, kotor, dan licin. Kondisi itu jelas berbahaya karena dapat membuat seseorang mudah terjatuh dan tergelincir. Tidak hanya itu, bagian kamar mandi yang tidak terawat menjadi sarana bibit penyakit berkembang biak. Ingat, dinding dan lantai mungkin saja terkena cipratan air seni, bilasan saat membersihkan tinja, serta kotoran lainnya. Bila tak dibersihkan, dikhawatirkan bisa menyebabkan berbagai penyakit pencernaan, seperti diare, tifus, dan lain-lain. 


3. Wastafel
GenBest pasti tidak sadar, berbagai aktivitas pembersihan tubuh dilakukan di tempat yang satu ini. Saat mencukur janggut, membersihkan wajah, mencuci muka, dan lain-lainnya. Nah, kotorannya akan jatuh dan berkumpul di wastafel. Bisa dibayangkan bila wastafel tak dirawat, kuman akan senang berdiam di sana dan menyebabkanmu sakit.


4. Peralatan Mandi
Benda-benda seperti sikat gigi, alat cukur, spons, puff, handuk, dan lain-lain perlu dirawat dan dijaga kebersihannya. Sikat yang jarang dibersihkan akan berubah menjadi sarang kuman, demikian juga dengan handuk dan berbagai perlengkapan lainnya. Bila tidak dibersihkan akan mudah menjadi sarang penyakit dan dapat menginfeksi seluruh keluarga, termasuk anak. Anak yang sering sakit, pertumbuhannya tidak akan optimal dan berisiko mengalami stunting. 


5. Benda Kamar Mandi 
Sikat toilet, gayung, karpet kamar mandi, dan lainnya adalah benda yang wajib dibersihkan secara rutin dan teratur. Karpet kamar mandi, misalnya, karpet antislip di kamar mandi bisa menjadi rumah yang nyaman bagi kuman dan jamur. Bila tidak dibersihkan, karpet ini bisa menjadi bau, basah, dan lembap. Demikian juga dengan gayung dan sikat toilet, agar tidak menjadi tempat berkembang biak bakteri, harus dibersihkan secara berkala.

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top