18 Oct

Pompa ASI adalah salah satu alat yang penting bagi ibu yang sedang menyusui dan bayinya. Penting untuk menjaga pompa ASI tetap steril, karena jika tidak dibersihkan dengan baik dapat terkontaminasi dan membahayakan kesehatan Si Kecil. Melansir Center for Disease Control and Prevention, berikut adalah langkah-langkah untuk membersihkan pompa ASI:

 

Sebelum dan Sesudah Menggunakan Pompa ASI

 

Sebelum menggunakan pompa ASI, pastikan tangan sudah dicuci dengan sabun dan air bersih untuk mencegah kontaminasi. Pilihlah tempat yang bersih dan steril untuk memompa ASI. Jangan lupa pastikan semua bagian pompa ASI sudah dalam kondisi bersih dan siap pakai sebelum digunakan. 

 

Setelah selesai memompa, masukkan ASI ke kantong ASI, beri label tanggal dan waktu, dan simpan di ruangan pendingin. Sebelum membersihkan pompa ASI, lepaskan dahulu komponen pompa ASI kemudian pisahkan bagian yang terkena ASI.

 


Baca Juga: Cegah Virus dan Bakteri, Ini Tips Sterilisasi Peralatan Makan dan Minum Bayi
 

 

Cara Membersihkan Pompa ASI dengan Tangan

 

Setelah selesai memompa, segera pisahkan semua komponen pompa ASI yang bersentuhan dengan ASI dan bersihkan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

 

1. Pisahkan semua komponen pompa ASI seperti corong, wadah penampung ASI, selang, dan tutup corong, kemudian letakkan di bak cuci dan bilas dengan air mengalir.

 

2. Letakkan komponen-komponen tersebut di bak cuci dan tambahkan sabun dan air hangat untuk merendamnya.

 

3. Gosok setiap bagian pompa ASI menggunakan sikat bersih yang khusus digunakan untuk peralatan bayi.

 

4. Bilas satu-persatu dengan air mengalir atau dengan mencelupkannya ke dalam air bersih di bak terpisah dan pastikan tidak ada bekas sabun menempel.

 

5. Letakkan bagian-bagian pompa ASI di atas lap khusus yang bersih dan tunggu hingga mengering dengan sendirinya. 

 

6. Untuk pompa elektrik, pastikan untuk membersihkan mesin secara berkala, meskipun mesin tidak bersentuhan langsung dengan ASI. Hal ini penting untuk menjaga kebersihan secara keseluruhan.

 

Baca Juga: 8 Perlengkapan MPASI yang Perlu Dimiliki di Rumah

 

Untuk perlindungan ekstra, Genbestie juga dapat melakukan sterilisasi pompa ASI dan botol susu setidaknya satu kali sehari setelah dibersihkan. Sterilisasi bisa dilakukan dengan cara mendidihkannya selama 5-10 menit atau menggunakan sterilizer khusus.

 

Menjaga kebersihan pompa ASI adalah langkah penting untuk memastikan pompa ASI tetap steril dan aman bagi Si Kecil. Pastikan pompa ASI dibersihkan secara rutin agar terbebas dari paparan bakteri yang bisa mengganggu kesehatan anak ya, Genbestie!

—--

 

Sumber: 

Center for Disease Control and Prevention (2022). How to Keep Your Breast Pump Kit Clean: The Essentials.

https://www.cdc.gov/hygiene/pdf/breastpumpkit-clean-508.pdf 

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top