27 Sep

Menjaga kebersihan tempat sampah dalam rumah tangga merupakan salah satu upaya untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Meningkatkan kualitas sanitasi dalam rumah tangga dapat menjadi kontribusi tiap individu dalam menjalani kehidupan sehari-hari yang bersih dan sehat.

 

Tempat sampah yang kotor bisa menjadi sarang kuman dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, menjaga kebersihan tempat sampah sangat penting agar lingkungan sekitar tetap sehat. Melansir promkes.depkes.go.id, berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kebersihan tempat sampah agar tidak menjadi sumber penyakit.

 

1. Gunakan Tempat Sampah yang Tepat

Menggunakan tempat sampah yang tepat dapat membantu mencegah sampah berserakan dan cairan dari sampah merembes ke sekitar. Tempat sampah yang sehat adalah yang kedap air dan memiliki tutup. Tempat sampah yang berbahan dasar plastik atau stainless steel bisa memudahkan proses pembersihan karena lebih tahan terhadap noda dan tidak mudah menyerap bau, sehingga lebih mudah dibersihkan.

 

Baca Juga: Peran Penting Kebersihan untuk Cegah Stunting

 

2. Pisahkan Sampah Sesuai dengan Jenisnya

Sebelum membuang sampah di rumah, pisahkan sampah sesuai dengan jenisnya. Misalnya, pisahkan sampah yang kering dan yang basah agar lebih mudah membenahinya. Agar lebih mudah mengelompokkannya, sediakan beberapa tempat sampah yang berbeda.

 

Melansir yankes.kemkes.go.id, sampah terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu organik, anorganik, dan B3. Sampah organik adalah yang mudah busuk dan bisa terurai. Sampah anorganik adalah yang tidak dapat terurai secara alami, sedangkan sampah B3 adalah bahan berbahaya dan beracun yang berasal dari komponen yang dapat mencemari lingkungan.


3. Buang Sampah Secara Teratur

Sampah yang dibiarkan menumpuk terlalu lama bisa mengundang kuman dan bau tidak sedap. Pastikan untuk membuang sampah secara rutin, terutama jika tempat sampah sudah penuh atau ada sampah basah yang bisa membusuk. Pastikan untuk tidak menampung sampah lebih dari 2 hari. Atur jadwal pembuangan sampah dengan konsisten untuk membantu menghindari penumpukan yang berlebihan.


4. Bersihkan Tempat Sampah Secara Berkala

Membersihkan tempat sampah secara berkala penting untuk memastikan tidak ada sisa-sisa sampah yang menempel. Gunakan sabun dan air untuk membersihkan bagian dalam dan luar tempat sampah, lalu bilas hingga bersih. Membersihkan tempat sampah juga bisa menggunakan desinfektan untuk membunuh kuman dan bakteri yang mungkin ada.


Baca Juga: 5 Cara Sederhana Menjaga Kebersihan Lingkungan Rumah


5. Jaga Lingkungan Sekitar Tempat Sampah Tetap Bersih

Menjaga lingkungan sekitar tempat sampah penting dilakukan agar tidak dihinggapi serangga atau lalat. Pastikan sisa-sisa sampah tidak berserakan karena lalat dan serangga akan tertarik pada sampah makanan busuk dan berbau. Bersihkan daerah sekitar tempat sampah secara teratur, pastikan tempat sampah tertutup rapat, dan gunakan semprotan anti-serangga di sekitar tempat sampah untuk meminimalkan kehadiran lalat atau serangga lainnya.


Menjaga kebersihan tempat sampah adalah langkah penting untuk mencegah penyebaran kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. Yuk mulai rutin bersihkan tempat sampah dan jaga lingkungan rumah tetap sehat, Genbestie.

-----

Sumber:

https://ayosehat.kemkes.go.id/flyer-2016-tempat-sampah-sehat15x21cm

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2830/yuk-pilah-sampahmu

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/240/peran-penting-phbs-guna-mencegah-penularan-penyakit

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top