3 Oct

Saat musim hujan tiba, tingginya curah hujan seringkali memicu kondisi lingkungan yang lembap dan tidak jarang banjir. Hal tersebut dapat menjadi sarang bagi berbagai bakteri, virus, dan serangga pembawa penyakit. Melansir kemkes.go.id dan rangkuman beberapa sumber, berikut adalah beberapa penyakit yang harus diwaspadai di musim hujan dan cara mencegahnya.

 

1. Diare

Diare merupakan suatu kondisi peningkatan frekuensi buang air besar dengan konsistensi feses yang cair atau encer. Penyakit ini bisa diikuti oleh gejala lainnya seperti mual, muntah, perut kram, sampai penurunan berat badan.

 

Penyakit ini sering muncul saat musim penghujan, terutama akibat air yang terkontaminasi. Banjir serta genangan air seringkali membawa kuman dan bakteri yang menjadi penyebab diare seperti Escherichia coli dan Salmonella. Untuk menghindari risiko diare, gunakanlah air yang bersih saat minum, mencuci tangan sebelum makan, dan menjaga kebersihan makanan.

 

Baca Juga: 4 Hal Penting yang Harus Dipenuhi Agar Anak Tidak Mudah Sakit

 

2. Demam Berdarah Dengue

Demam Berdarah Dengue atau DBD disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang telah terkena virus, nyamuk ini aktif berkembang biak di musim hujan. Genangan air yang tidak dibersihkan menjadi tempat ideal bagi nyamuk untuk bertelur. Gejala demam berdarah meliputi demam tinggi, sakit kepala parah, dan nyeri sendi. Untuk mencegah DBD, pastikan tidak ada air yang tergenang di sekitar rumah dan gunakan obat nyamuk atau kelambu saat tidur.

 

3. Leptospirosis

Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira yang menyebar melalui air yang tercemar urine atau darah hewan liar atau ternak. Dalam beberapa situasi, penyakit ini dapat berakibat pada gangguan fungsi hati, kegagalan fungsi ginjal, meningitis, sampai pada gangguan pernapasan.

 

Banjir sering kali menjadi jalur penyebaran utama penyakit ini. Gejala leptospirosis meliputi demam tinggi, sakit kepala, mual, muntah. mata merah, sakit di area perut, dan otot kaku. Untuk mencegahnya, hindari kontak langsung dengan air banjir sebisa mungkin, terutama jika memiliki luka terbuka di kulit.

 

4. Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

ISPA adalah infeksi yang menyerang saluran pernapasan atas, seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Saat musim hujan, risiko terkena ISPA menjadi tinggi akibat udara dingin dan lembab. Gejalanya termasuk batuk, pilek, demam, sakit tenggorokan, hingga sesak napas. Lakukan pencegahan ISPA dengan menjaga kebersihan lingkungan, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah penularan pada orang sekitar dengan menutup mulut ketika batuk, dan tidak meludah sembarangan.

 

5. Penyakit Kulit

Kondisi lembab selama musim hujan menciptakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan bakteri dan kuman yang bisa menyebabkan penyakit kulit seperti gatal-gatal, infeksi jamur, dan kutu air. Untuk mencegah penyakit kulit saat musim hujan, jaga kebersihan tubuh, selalu jaga kulit tetap kering, dan segera mengganti pakaian jika basah. Jika terjadi iritasi, segera gunakan obat kulit untuk mencegah infeksi lebih lanjut.

 

Baca Juga: 7 Penyebab Si Kecil Sering Sakit Perut

 

Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Saat musim hujan, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan agar tidak mudah terserang penyakit. Melansir ayosehatkemkes, berikut adalah langkah-langkah yang bisa kita terapkan:

 

- Konsumsi makanan yang higienis, sehat, dan bergizi.
- Hindari menyentuh wajah dengan tangan yang belum dibersihkan.
- Menjauhi air kotor atau genangan yang muncul setelah hujan
- Bersihkan rumah, saluran air, selokan, serta tempat-tempat lain yang bisa menjadi sarang nyamuk secara rutin
- Rutin mencuci tangan dengan sabun atau gunakan hand sanitizer 

 

Musim hujan membawa risiko beberapa penyakit yang perlu diwaspadai. Langkah penting untuk menghindarinya adalah dengan menjaga kebersihan air, lingkungan, serta memerhatikan kesehatan tubuh. Tetap waspada dan jaga kesehatan keluarga selama musim hujan ya, Genbestie!

—--

Sumber:

https://kemkes.go.id/id/rilis-kesehatan/penyakit-musim-hujan-yang-harus-diwaspadai-dan-langkah-antisipasinya 

https://promkes.kemkes.go.id/?p=8444 

https://ayosehat.kemkes.go.id/5-tips-sehat-menghadapi-puncak-musim-hujan 

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top