Infografis: 7 Syarat Jamban Sehat

Sed ut perspiciatis unde
9 Agustus

Infografis: 7 Syarat Jamban Sehat

Urusan jamban ternyata juga bisa memicu stunting (kekerdilan/gagal tumbuh) pada anak, lho! Jamban yang tidak memenuhi syarat jamban sehat, misalnya septic tank yang dibuat apa adanya, hanya berjarak kurang dari 10 meter dari sumur atau sumber air minum, bisa membuat e-colli atau kuman di pembuangan wc tersebut masih dapat mencemari lingkungan sekitarnya, termasuk sumber air minum kita.

 

Akibatnya, saat kita atau anggota keluarga minum air itu, bisa terserang berbagai gangguan pencernaan, seperti diare, disentri, kolera.

 

Bolak-balik terserang penyakit-penyakit itu bisa mempengaruhi pertumbuhan anak, terutama balita, dan janin di kandungan ibu hamil, bahkan menghambat pertumbuhan mereka. Ujung-ujungnya, anak pun mengalami kondisi stunting. Pertumbuhan tubuhnya jadi tidak sempurna, tidak tinggi seperti layaknya anak seusianya, dan pertumbuhan otaknya pun terganggu.

 

Yuk, cek jamban di rumah kita, apakah sudah memenuhi kriteria jamban sehat atau belum, demi kesehatan anak-anak kita, terutama yang masih balita.

 

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top