9 Aug

Urusan jamban ternyata juga bisa memicu stunting (kekerdilan/gagal tumbuh) pada anak, lho! Jamban yang tidak memenuhi syarat jamban sehat, misalnya septic tank yang dibuat apa adanya, hanya berjarak kurang dari 10 meter dari sumur atau sumber air minum, bisa membuat e-colli atau kuman di pembuangan wc tersebut masih dapat mencemari lingkungan sekitarnya, termasuk sumber air minum kita.

 

Akibatnya, saat kita atau anggota keluarga minum air itu, bisa terserang berbagai gangguan pencernaan, seperti diare, disentri, kolera.

 

Bolak-balik terserang penyakit-penyakit itu bisa mempengaruhi pertumbuhan anak, terutama balita, dan janin di kandungan ibu hamil, bahkan menghambat pertumbuhan mereka. Ujung-ujungnya, anak pun mengalami kondisi stunting. Pertumbuhan tubuhnya jadi tidak sempurna, tidak tinggi seperti layaknya anak seusianya, dan pertumbuhan otaknya pun terganggu.

 

Yuk, cek jamban di rumah kita, apakah sudah memenuhi kriteria jamban sehat atau belum, demi kesehatan anak-anak kita, terutama yang masih balita.

 

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top