2 Sep

Telah banyak bukti ilmiah menunjukkan, periode 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) menjadi fondasi yang akan menentukan kesehatan seseorang selama hidupnya, termasuk risiko mengidap diabetes atau penyakit kronis lainnya. 

Periode 1.000 hari sejak perempuan hamil sampai dengan anak merayakan hari ulang tahun kedua menjadi "jendela peluang" masa depan anak yang sehat dan sejahtera.

Jadi, bila Anda memberi perhatian khusus sejak terjadinya kehamilan sampai dengan usia anak 2 tahun, maka itu menjadi upaya ikut meningkatkan sumber daya manusia kelak.

Pentingnya 1.000 HPK meliputi 270 hari selama kehamilan dan 730 hari dari kelahiran sampai usia 2 tahun atau meliputi masa ibu hamil, ibu menyusui, dan anak usia 0-23 bulan. 

Inilah 8 pentingnya nutrisi pada 1.000 HPK yang perlu Anda tahu:

1. Membentuk otak anak yang berisi dan menjadi "bahan bakar" pertumbuhan jiwa dan raga, pembentukan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

2. Meningkatkan kesiagaan untuk masuk sekolah dan memberi kesempatan meraih potensi terbaik di kemudian hari.

3. Meningkatkan nutrisi untuk ibu dan anak selama periode 1.000 HPK, memastikan bahwa anak mendapatkan awal kehidupan yang terbaik dan kesempatan meraih potensi terbaik bagi anak-anak mereka.

4. Mengurangi kesenjangan pada aspek kesehatan, pendidikan, dan produktivitas generasi yang akan datang.

5. Menurunkan risiko terjangkit penyakit kronis seperti diabetes, jantung, dan beberapa tipe kanker di kemudian hari.

6. Secara global menyelamatkan lebih dari satu juta nyawa per tahun.

7. Meningkatkan total pendapatan suatu negara.

8. Memutus siklus kemiskinan antar-generasi akibat wanita yang malnutrisi.  
 

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top