Jangan Abaikan Fungsi KMS, Bisa Pantau Status Gizi Anak Sejak Dini

Sed ut perspiciatis unde
17 Maret

Jangan Abaikan Fungsi KMS, Bisa Pantau Status Gizi Anak Sejak Dini

Salah satu cara mudah untuk mencegah stunting, adalah dengan memantau status gizi anak khususnya dari awal lahir hingga anak berusia dua tahun. Hal itu dilakukan agar bisa mengetahui apabila terjadinya gangguan pertumbuhan pada anak. Pemantauan tersebut meliputi, pengukuran berat badan, lingkar kepala dan tinggi badan pada anak.

Umumnya, pengukuran ini dilakukan di posyandu setiap bulannya. Apabila ternyata berat badannya tidak sesuai dengan grafik pertumbuhan atau mengalami penurunan, maka harus segera dirujuk ke puskesmas untuk diketahui apa penyebabnya.

Posyandu juga bisa menjadi sumber pelayanan untuk mengetahui lebih banyak seputar kesehatan, terutama kesehatan pada anak.

Selain itu, orang tua bisa mempelajari pertumbuhan melalui Kartu Menuju Sehat (KMS). KMS berisikan catatan grafik pertumbuhan dan perkembangan anak, yang biasanya dibagikan di posyandu.

Melalui KMS, orang tua bisa mengecek dan memantau status gizi anak sesuai dengan tumbuh kembang mereka. Biasanya, seusai anak diukur berat badan, tinggi badan dan lingkar kepalanya, dilakukan pencatatan di KMS ini.

Oleh karena itu, perubahan yang terjadi pada anak setiap bulannya dapat terpantau dengan baik. Kalau grafik tersebut menunjukkan adanya peningkatan, maka anak mengalami pertumbuhan. Kalau sebaliknya, ada kemungkinan gizi anak kurang dan perlu dilakukan intervensi agar bisa ditangani sejak dini.

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top