Dear Para Ibu, Buku KIA Penting Jangan Diabaikan

Sed ut perspiciatis unde
22 September

Dear Para Ibu, Buku KIA Penting Jangan Diabaikan

Tahukah GenBest bahwa buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) menjadi satu-satunya alat pencatatan pelayanan kesehatan ibu dan anak sejak ibu hamil, melahirkan dan selama nifas hingga bayi yang dilahirkan berusia 5 tahun, termasuk pelayanan imunisasi, gizi, tumbuh kembang anak dan KB. 

Buku KIA sebagai telah lama ditetapkan, namun sayangnya hingga saat ini, komitmen dalam pemanfaatannya di masyarakat masih belum sesuai harapan, sehingga perlu penguatan terutama kelengkapan pengisiannya oleh petugas kesehatan, kader dan orangtua. 

Jangan abaikan buku KIA, berikut manfaatnya bagi ibu dan anak:

1. Berisi informasi lengkap mengenai kesehatan ibu dan anak

2. Pemantauan lengkap ibu selama masa kehamilan

3. Pertumbuhan dan perkembangan anak, meliputi jadwal imunisasi, gizi seimbang dan pemberian vitamin A. 

Hasil analisis data Riskesdas 2013 dan Sirkesnas 2016 menunjukkan ada keterkaitan antara kepemilikan buku KIA dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan ibu dan anak. 

Ibu yang memiliki buku KIA lebih sering melakukan pemeriksaan kehamilan, lebih banyak bersalin dengan pertolongan tenaga kesehatan dan lebih banyak bersalin di fasilitas kesehatan dibandingkan ibu yang tidak memiliki buku KIA. 

Bayi dari ibu yang memiliki buku KIA juga lebih banyak mendapat imunisasi dasar lengkap daripada bayi dari ibu yang tidak memiliki buku KIA, sehingga dapat disimpulkan bahwa buku KIA berdampak positif pada perubahan perilaku ibu. 

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top