Cegah Stunting dengan Sajian Menu Empat Bintang untuk Bayi dan Balita

Sed ut perspiciatis unde
27 Februari

Cegah Stunting dengan Sajian Menu Empat Bintang untuk Bayi dan Balita

Stunting adalah kondisi yang bisa dicegah dengan pemberian nutrisi yang tepat, seimbang, dan sesuai dengan kebutuhannya. ASI memang memiliki kandungan nutrisi yang cukup pada bayi, tetapi ketika bayi mencapai usia 6 bulan maka gizi yang dibutuhkan pun bertambah.

Maka dari itu, ada baiknya untuk memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) agar kebutuhan pada bayi bisa terpenuhi dengan memberikan menu empat bintang yang telah direkomendasikan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Menu empat bintang sendiri adalah menu makanan yang mengandung empat unsur zat gizi, seperti karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan sayuran. Karbohidrat bisa diperoleh dari beras merah, beras putih, kentang, dan umbi-umbian.

Sementara protein hewani bisa didapatkan dari ceker, hati ayam, daging ayam, daging sapi, telur dan ikan. Sedangkan protein nabati bisa diperoleh dari tempe, tahu, kacang merah, edamame dan kacang polong. Untuk sayuran bisa didapatkan dari labu Jepang, wortel, bayam, labu siam dan tomat.

Melalui pemberian MPASI dengan menu empat bintang ini, diharakan dapat mencegah anak mengalami kekurangan gizi baik makro maupun mikro. Bisa juga ditambahkan lemak sehat seperti minyak zaitun, unsalted butter atau kaldu buatan sendiri agar anak bisa mendapatkan manfaat dari lemak di masa tumbuh kembangnya.

Untuk pengolahannya sendiri, bisa dalam bentuk apa saja baik tumis, sup atau dicampur pada bubur. Tetapi, pastikan bahwa bentuknya sudah kecil-kecil sehingga anak mudah mencernanya dan tidak tersedak. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan buah-buahan dalam menu tersebut agar anak bisa mengenal banyak ragam rasa di samping manfaat yang berlimpah.

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top