24 Aug

Telur merupakan salah satu sumber protein hewani yang memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak. Selain bergizi tinggi, telur juga lezat dan cukup terjangkau. Dengan banyaknya manfaat, telur juga disebut dapat mencegah stunting lho, Genbestie. Yuk cari tau faktanya di artikel berikut.

 

Kandungan Gizi Telur untuk Mendukung Pertumbuhan Anak

Telur mengandung berbagai macam nutrisi esensial, seperti protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Protein yang terdapat dalam telur berkualitas tinggi, sehingga mudah diserap oleh tubuh anak. 

 

Melansir yankes.kemkes.go.id, satu butir telur mengandung sekitar 6 gram protein, sejumlah vitamin (A, B, D, K), kolin, selenium, yodium, fosfor, besi, dan seng yang menjadikan telur sebagai sumber gizi yang sangat baik.

 

Baca Juga: Apakah Telur Mentah dan Setengah Matang Boleh Diberikan Kepada Bayi?
 

Sumber Nutrisi Lengkap untuk Mencegah Stunting

Stunting merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Stunting berpotensi memperlambat perkembangan otak, dengan dampak jangka panjang berupa keterbelakangan mental, rendahnya kemampuan belajar, hingga risiko serangan penyakit kronis. Salah satu cara untuk mencegah stunting adalah mengonsumsi telur sebagai sumber protein hewani.

 

Melansir www.bkkbn.go.id, Kepala BKKBN Dr. (H.C) dr. Hasto Wardoyo, Sp.O.G (K) menyampaikan bahwa pemberian asupan dua butir telur per hari secara kontinu kepada balita dapat mencegah stunting. 

 

Baca Juga: Cegah Stunting, Penuhi Asupan Zat Besi Anak  

 

Telur Mudah Disajikan dan Murah

Selain kaya akan nutrisi, telur juga mudah didapatkan dan harganya relatif murah. Telur sebaiknya dikonsumsi setelah dimasak secara matang. Karena, penyerapan protein dalam putih telur akan lebih maksimal dalam keadaan matang setelah direbus atau dimasak.

 

Dengan memberikan asupan telur secara teratur, Genbestie sudah membantu memastikan pertumbuhan optimal si kecil. Jangan ragu untuk memasukkan telur dalam menu harian anak agar anak tumbuh sehat dan kuat serta terhindar dari stunting.

—--

 

Sumber:

https://www.bkkbn.go.id/posts/berita-cegah-balita-stunting-itu-mudah-hasto-wardoyo-cukup-asupan-dua-butir-telur-dan-ikan-tak-bersisik 
https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1888/manfaat-telur-bagi-tubuh-kita 

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top