4 Oct

Menjaga kesehatan tulang anak sejak dini sangat penting untuk mendukung pertumbuhan yang optimal dan mencegah berbagai masalah tulang di masa depan. Melansir yankes.kemkes.go.id, berikut adalah lima langkah yang bisa dilakukan orang tua untuk memastikan anak memiliki tulang yang kuat dan sehat.

 

1. Memberikan Gizi Seimbang

Asupan gizi yang seimbang adalah kunci utama dalam menjaga kesehatan tulang anak. Pastikan anak mendapatkan makanan yang kaya akan kalsium, vitamin D, dan fosfor, seperti susu, keju, yogurt, ikan, dan telur. Kalsium dan vitamin D berperan penting dalam pembentukan dan kekuatan tulang, sementara fosfor membantu tubuh memanfaatkan kalsium secara efektif untuk membangun tulang yang kuat. Selain itu, penuhi kebutuhan nutrisi lain seperti protein, magnesium, dan vitamin K yang juga berperan dalam menjaga kesehatan tulang.


Baca Juga: Aktivitas Fisik untuk Anak Umur 0-24 Bulan
 

2. Dorong Anak Melakukan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik seperti olahraga sangat penting untuk pertumbuhan tulang yang sehat. Ajak anak untuk rutin berolahraga, seperti berlari, melompat, atau memanjat. Aktivitas fisik yang melibatkan beban seperti ini dapat meningkatkan kepadatan tulang dan merangsang pertumbuhannya. Upayakan setidaknya 60 menit untuk aktivitas fisik setiap harinya. 

 

3. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Selain nutrisi dan aktivitas fisik, gaya hidup sehat juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan tulang anak. Hindari kebiasaan terlalu lama duduk atau bermain gadget, karena kurangnya bergerak dapat berdampak buruk pada pertumbuhan tulang. Pantau pula penambahan berat badan anak untuk mencegah mereka terkena obesitas. Pastikan juga anak terkena paparan sinar matahari secara cukup setiap harinya untuk pembentukan vitamin D secara alami.


Baca Juga: Ini Jenis Olahraga yang Cocok untuk Mencegah Anemia
 

4. Memerhatikan Kebiasaan Makan

Ajarkan anak untuk menjaga pola makan yang sehat dan seimbang. Kurangi konsumsi makanan cepat saji dan minuman bersoda yang bisa menghambat penyerapan kalsium di tulang. Genbestie bisa ganti camilan anak menjadi camilan yang lebih sehat untuk nutrisi tulang, seperti buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak (putih telur, dada ayam, yoghurt) dan biji-bijian (kacang almond, chia seed, edamame) sebagai nutrisi yang diperlukan tulang. Selain itu, cukupi konsumsi air putih harian agar anak tetap terhidrasi untuk mencegahnya terkena kram otot.

 

5. Upaya Mencegah Masalah Tulang

Selain memastikan asupan gizi, aktivitas fisik, dan gaya hidup sehat, penting untuk melakukan pencegahan masalah tulang seperti skoliosis atau osteoporosis sejak dini. Lakukan pemeriksaan rutin pada anak untuk memantau kesehatan tulang dan pastikan anak menghindari faktor risiko seperti konsumsi kafein berlebih dan minum minuman bersoda karena berdampak negatif pada kesehatan tulang.

 

Dengan menerapkan langkah-langkah ini dalam aktivitas sehari-hari, Genbestie dapat membantu anak tumbuh dengan tulang yang kuat dan sehat, serta meminimalisir risiko terjadinya masalah tulang di masa depan.

-----

Sumber:

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/3587/tips-menjaga-kesehatan-tulang-anak-anak 

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top