23 Dec

Seringkali perempuan tidak menyadari jika dirinya terkena anemia, atau kekurangan sel darah merah. Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) seseorang dinyatakan anemia jika memiliki kadar hemoglobin kurang dari 11 g/dL. Sebagai informasi, sel darah merah mengandung hemoglobin (Hb) yang berperan penting sebagai alat transportasi oksigen dalam darah.

 

Jika tidak ditangani dengan tepat, anemia dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, seperti penurunan imunitas, konsentrasi, memperbesar risiko kematian saat melahirkan, hingga bayi terkena stunting. Nah, sebelum terlambat, ada baiknya Genbestie mencegah anemia sedini mungkin. Tak hanya dengan mengonsumsi tablet tambah darah (TTD), tujuh makanan murah ini juga dapat membantu untuk menaikkan sel darah merah dalam tubuh.

 

Baca juga: Cegah Anemia, Begini Cara Menaikkan Hb pada Ibu Hamil

 

Makanan Pencegah Anemia

 

makanan pencegah anemia

 

 

1. Bayam

 

Bayam terkenal sebagai sayuran yang punya zat besi tinggi, dilansir dari Yankes Kemenkes. Kandungan zat besi yang terkandung bayam dapat membantu mencegah anemia karena senyawa ini berguna dalam pembentukan hemoglobin.

 

2. Buah bit

 

Buah berwarna ungu ini bermanfaat untuk meningkatkan jumlah hemoglobin dalam darah. Jenis buah ini mengandung beberapa vitamin dan mineral penting, seperti zat besi, serat, asam folat, dan kalium yang bagus untuk kebugaran tubuh. Untuk mengonsumsinya, cobalah untuk mengonsumsi buah bit dalam bentuk jus.

 

Baca juga: Tidak Terduga, Ini Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil

 

3. Kurma

 

Di dalam kurma, terdapat kandungan mineral dan zat besi yang berguna untuk mencegah sekaligus mengobati anemia. Tak hanya itu, buah kurma dapat menambah energi dalam tubuh serta mencegah letih dan lesu.

 

4. Tomat

 

Tomat menjadi salah satu jenis buah yang dapat mencegah anemia karena mengandung vitamin C yang dapat memaksimalkan penyerapan zat besi. Di dalam 100 gram tomat terkandung 40 miligram vitamin C untuk memenuhi kebutuhan  sehari-hari.

 

Baca juga: Manfaat Sayuran Berdasarkan Warnanya

 

5. Sawi

 

Jenis sayuran ini mempunyai kandungan beta-karoten yang tinggi. Beta-karoten di dalam sawi dapat membantu tubuh saat menyerap zat besi. Artinya, sawi yang sering Genbestie jumpai dapat dimanfaatkan untuk mencegah anemia.

 

6. Tahu

 

Tahu terbuat dari kedelai yang punya banyak nutrisi baik untuk tubuh. Tak hanya menjadi sumber protein, tahu punya kandungan zat besi yang cukup tinggi untuk mencegah anemia dalam tubuh.

 

7. Delima

 

Jika sedang musim buah delima, jangan sampai terlewat karena buah ini dapat mencegah anemia. Di dalam buah delima terdapat berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti vitamin A, C, E, dan zat besi. Selain mencegah anemia, delima juga bermanfaat untuk menjaga sistem imun tubuh.

 

Baca juga: Cocok untuk Diet, Ini Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Tubuh

 

Meskipun anemia terkadang tidak disadari oleh perempuan, bukan berarti anemia tidak dapat dideteksi sedini mungkin. Jika mulai muncul gejala anemia, seperti sering lelah, kulit pucat, sering pusing, dan detak jantung berdebar, segera periksakan diri ke dokter. Kalau memang terkena anemia, jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang membantu meningkatkan produksi sel darah merah.

 

—---

 

Sumber:

 

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/675/makanan-untuk-anemia

 

https://ayosehat.kemkes.go.id/cegah-anemia-dengan-mengonsumsi-4-sayur-ini

 

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1132/anemia-dalam-kehamilan

 

https://upk.kemkes.go.id/new/mengenal-dampak-anemia-pada-remaja

 

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top